Ebook
Fashion

5 Perpustakaan Digital untuk Mengunduh Ebook Gratis

Ni Luh Anggela
Jumat, 10 September 2021 - 13:55
Bagikan

Open Library dan Project Gutenberg

1. Open Library

Awalnya, Open Library dimulai sebagai proyek online yang dirancang untuk melestarikan situs web, ebook, dan aset digital lainnya yang menarik. Pendirinya ingin membuat halaman web untuk setiap buku yang pernah diterbitkan.
 
Saat ini, pengguna dapat meminjam dan membaca jutaan ebook secara gratis. Yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar akun dan menelusuri Open Library. Anda bahkan dapat menambahkan buku baru ke koleksinya.
 
Pengguna terdaftar juga dapat membuat daftar eBook khusus, seperti “Want to Read” atau “Have Read”. Jika Anda ingin menambahkan buku baru ke koleksinya, daftar di Arsip Internet, unggah buku Anda, lalu buat entri di Open Library.
 
Dengan pencarian cepat, Anda akan menemukan eBook dalam setiap genre, mulai dari seni dan sci-fi, hingga kedokteran. Koleksi sejarah, misalnya, menampilkan lebih dari 1,6 juta judul. Untungnya, Anda dapat memfilter hasil berdasarkan subjek, penulis, dan kriteria lainnya.
 
Jika Anda mencari buku tertentu, masukkan namanya di bilah pencarian. Atau Anda dapat mengklik ebook acak dan melihat pratinjau atau meminjam mereka secara gratis. Beberapa ebook juga tersedia dalam format audio yang lebih disukai.
 
Fitur menarik lainnya adalah fitur Search Inside. Jika Anda memerlukan informasi tertentu, Anda dapat memilih ebook yang terkait dengan topik tersebut dan memasukkan pertanyaan Anda di bilah pencarian.
 
2. Project Gutenberg

Project Gutenberg bertujuan untuk mendigitalkan buku dan karya budaya lainnya. Saat ini, mereka menampilkan lebih dari 60.000 ebook gratis yang dapat Anda unduh atau baca secara online. Bagian terbaiknya adalah, Anda tidak memerlukan pembaca ebook atau aplikasi khusus untuk mengakses judul-judul dalam koleksinya.
 
Pengguna dapat mempersempit pencarian mereka berdasarkan judul, popularitas, penulis, bahasa, dan jenis file. Mereka juga dapat mencari berdasarkan subjek atau kategori, seperti buku audio, gambar, atau musik.
 
Sementara sebagian besar ebook tersedia dalam bahasa Inggris, beberapa telah diterbitkan dalam bahasa Arab, Yunani Kuno, Navajo, atau Maya. Ini bisa menjadi kesempatan untuk memoles keterampilan bahasa Anda atau bahkan belajar bahasa asing dari awal.
 
Seperti Open Library, Project Gutenberg menawarkan ebook gratis di setiap kategori, mulai dari sejarah dan hukum hingga musik, psikologi, dan sains. Pengguna juga memiliki akses ke “bookshelves” untuk konten tertentu.
 
Misalnya, katakanlah, Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Perang Spanyol-Amerika, Anda dapat langsung membuka bookshelves itu alih-alih menelusuri ribuan judul.
 
Saat Anda memilih sebuah ebook, Anda dapat memilih untuk membacanya secara online, dalam teks biasa, atau dalam format Kindle. Ada juga opsi untuk mengunduh ebook gratis dalam format EPUB, dengan atau tanpa gambar. Fitur ini mungkin berguna jika Anda memiliki ruang terbatas di ponsel cerdas atau tablet Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro