Ilustrasi buah kelapa / istimewa
Health

Cek Fakta Air Kelapa Bisa Atasi Covid-19 dan Menetralisir Vaksin

Rahmad Fauzan
Rabu, 15 September 2021 - 08:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini, banyak informasi yang beredar mengenai manfaat air kelapa untuk mengatasi Covid-19 dan juga dugaan bahwa zat di dalamnya dapat menetralisir vaksin.

Mengutip unggahan dr. Adam Prabata dalam laman Instagram resminya, Rabu (15/9/2021), air kelapa disebut belum terbukti mampu mencegah ataupun mengobati sakit akibat Virus Corona.

Air kelapa juga tidak dapat menetralisir ataupun mengganggu kinerja vaksin Covid-19. Sebab, vaksin Covid-19 tidak mengandung racun, sehingga tidak perlu dinetralisir.

Kendati demikian, air kelapa tetap bermanfaat bagi tubuh karena terdapat beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Adapun, dalam 240 ml air kelapa terkandung sebanyak 60 kalori; 15 gram karbohidrat; 7,99 gram gula; 40,8 mg kalsium; 16, 8 magnesium; 509 mg kalium (kurang lebih 15 persen kebutuhan harian); 45,6 mg natrium; 19,2 mg fosfor.

"Kesimpulannya, air kelapa belum terbukti bermanfaat untuk Covid-19 dan tidak menetralisir maupun mengganggu kerja vaksin," tulis Adam dalam laman Instagramnya seperti dikutip Bisnis, Rabu (15/9/2021).

Sebagai informasi, air kelapa merupakan pilihan cairan yang mengandung gula elektrolit, dan kalium sehingga dapat digunakan sebagai untuk menggantikan cairan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro