Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lakukan 5 Hal Ini agar Tetap Sehat dan Awet Muda

Ternyata, cara agar tetap awet muda hanya dengan menerapkan 5 hal ini! Simak berita selengkapnya.
Dinda Aulia Ramadhanty
Dinda Aulia Ramadhanty - Bisnis.com 16 September 2021  |  16:47 WIB
Kulit awet muda - Istimewa
Kulit awet muda - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika beranjak usia dan penuaan diri semakin terlihat. Lakukan 5 hal ini jika Anda ingin tetap sehat dan awet muda. 

Meskipun para peneliti memang belum menemukan cara agar dapat bertukar tubuh dengan diri remaja, beberapa studi yang ketat telah menemukan beberapa cara yang bisa memperlambat bahkan membalikkan efek penuaan.

Ternyata, cara agar tetap awet muda hanya dengan menerapkan beberapa perubahan gaya hidup secara sederhana. Mengutip pada eatthis.com, berikut 5 cara mudah serta sederhana agar tetap sehat dan awet muda:

1. Melakukan Olahraga 

Osteoporosis merupakan suatu kondisi dimana tulang kian melemah dan menjadi lebih mudah patah, yang telah mempengaruhi 44 juta orang Amerika (dan hampir setengah dari seluruh orang dengan usia diatas 50 tahun).

Namun, dengan berolahraga secara teratur, seperti melakukan latihan kardio dan resistensi faktanya dapat memperkuat tulang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ketahanan yaitu berolahraga dengan beban bebas, mesin beban, pita resistensi, atau berat badan sendiri ternyata sangat efektif untuk menjaga dan membangun kepadatan tulang.

2. Mengurangi Makanan Manis

American Academy of Dermatology dalam studi penelitiannya menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula atau karbohidrat olahan lainnya dapat mempercepat penuaan. Selain itu, hula sebenarnya dapat menyebabkan kerutan.

Ketika mengonsumsi gula secara berlebihan, gula nantinya menciptakan zat yang disebut produk akhir glikasi lanjutan (atau AGEs), yang merupakan perusak kecil masa muda. Gula mengikat kolagen dan elastin, protein di kulit yang membuat tampak muda dengan merusaknya dan mampu mencegah tubuh untuk memperbaikinya.

3. Tidur Berkualitas

Para peneliti telah menemukan tidur dapat memperbaiki dan menghidupkan kembali sistem tubuh yang paling vital, termasuk otak dan pertahanan kekebalan. Oleh karen karena itu, tidur malam yang nyenyak tidak hanya terasa menyegarkan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical and Experimental Dermatology, dikatakan bahwa wanita yang melaporkan memiliki kualitas tidur yang baik mengalami penuaan kulit intrinsik yang jauh lebih rendah dibandingkan wanita yang kurang tidur.

Para ilmuwan di UCLA pun menemukan bahwa hanya dalam satu malam tidur yang buruk sebenarnya membuat sel-sel orang dewasa yang lebih tua jadi menua lebih cepat.

4. Lebih Rileks

Menurut Harvard Medical School, seiring berjalannya waktu, stres kronis dapat membuat menua pada tingkat sel dengan memperpendek telomer, yaitu struktur di dalam setiap sel dan berisi informasi genetik.

Saat telomer semakin pendek, sel akan terus menua dan akhirnya mati. Tidak hanya mengalami proses penuaan, orang dengan kondisi telomer yang lebih pendek juga berisiko mengalami kondisi kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

5. Melakukan dengan Serius

Sebuah studi yang diterbitkan musim semi lalu di Aging Journal menemukan kemungkinan adanya untuk mengurangi usia biologis hingga tiga tahun dalam delapan minggu, dengan membuat beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup sederhana.

Hal tersebut yang peneliti temukan dalam kelompok uji yang mengonsumsi sebagian besar pola makan nabati dengan suplemen probiotik, kemudian berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, lalu melakukan latihan relaksasi, dan tidur setidaknya tujuh jam semalaman. Para ilmuwan menemukan bahwa DNA peserta penelitian menjadi 3,23 tahun lebih muda, dengan rata-rata hanya dalam dua bulan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan tips sehat awet muda Gejala Penyakit
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top