Ilustrasi - Donor darah/Bisnis-Asep Mulyana
Health

Redblood: Donor Darah Idealnya Dilakukan 60 Hari Sekali

Akbar Evandio
Jumat, 17 September 2021 - 11:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aplikasi donor darah dan gaya hidup sehat, Redblood memiliki sejumlah upaya untuk meyakinkan masyarakat pentingnya donor darah.

Selama pandemi, pembatasan mobilitas dan kekhawatiran akan penularan Virus Corona membuat jumlah pendonor darah baik secara nasional maupun global berkurang.

CEO Reblood Leonika Sari menjelaskan, pihaknya mendorong masyarakat termasuk anak muda, untuk melakukan donor secara rutin.

Donor darah idealnya adalah 60 hari sekali, sedangkan donor plasma konvalesen bisa 2 minggu sekali.

"Sebaiknya kita lakukan secara proaktif, bukan reaktif. Jangan donor darah hanya ketika ada kerabat yang membutuhkan," ujarnya dalam diskusi virtual, Jumat (17/9/2021).

Menurutnya, permasalahan kurangnya ketersediaan darah tidak bisa ditangani hanya oleh pemerintah. Perlu keterlibatan pihak swasta, komunitas, instansi, TNI-Polri, dan terutama kesadaran dan semangat masyarakat sebagai pelaku donor.

Dia menjelaskan, agar masyarakat tidak perlu khawatir untuk melakukan kegiatan berdonor darah. Sebab, terdapat protokol kesehatan  di PMI terkait pelaksanaan donasi darah di masa pandemi Covid-19.

Protokol tersebut dimulai dari pemeriksaan suhu sebelum berdonasi, wawancara terkait kemungkinan tertular Covid-919, pemeriksaan fisik sederhana, hingga disinfektan berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro