Ilustrasi Diabetes/www.telegraph.co.uk
Health

Penderita Diabetes, Ini Suplemen Terbaik untuk Anda Konsumsi

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 19 September 2021 - 11:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi penderita diabetes (Tipe 1 atau Tipe 2), mengonsumsi suplemen harus hati-hati, karena salah memilih bisa menyebabkan fluktuasi gula darah.

Namun, konsumsi suplemen ke dalam rutinitas harian bagi penderita diabetes juga bisa sangat membantu dan bahkan berpotensi mengurangi beberapa efek berbahaya dari penyakit tersebut.

Misalnya, ada bukti yang menunjukkan bahwa berberin dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, dan ada penelitian tambahan yang menunjukkan vitamin D dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Berikut beberapa jenis suplemen yang bisa dikonsumsi penderita diabetes seperti dilansir Eat This : 

1. Magnesium

"Salah satu fungsi utama magnesium adalah terlibat dalam pengaturan gula darah. Diabetes tipe 2 dapat dikaitkan dengan kadar magnesium yang rendah, dan, menurut ulasan tahun 2015, beberapa penelitian menyarankan manfaat mengonsumsi suplemen magnesium dengan diabetes," kata Holly. Klamer, MS, RDN, dan seorang penulis di MyCrohnsAndColitisTeam.

"Penelitian lebih lanjut diperlukan, tetapi magnesium dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin," tambahnya.

2. Berberin

Penelitian telah menunjukkan bahwa berberin dapat secara signifikan mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes. Ini sangat kuat sehingga terbukti sama efektifnya dengan obat diabetes Metformin.

3. Probiotik

"Probiotik adalah bakteri hidup yang memberikan manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya ketika dicerna. Bakteri ini secara alami terjadi di usus, tetapi dapat diisi ulang melalui cara eksternal. Suplemen ini biasanya hanya dipikirkan sehubungan dengan bagaimana hal itu meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan dan jarang datang sehubungan dengan peningkatan diabetes," catat ahli diet terdaftar Trista Best, MPH, RD, LD.

"Namun, probiotik telah terbukti meningkatkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan dan menangani karbohidrat. Bakteri menguntungkan yang diperkenalkan bekerja untuk meningkatkan mikrobioma usus dan akhirnya bagaimana memproses karbohidrat dan pada akhirnya menurunkan gula darah dan A1c dari waktu ke waktu." paparnya.

Probiotik juga membantu meningkatkan pembacaan ini dengan mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat membantu mencegah penghancuran lebih lanjut dari sel-sel pankreas yang bertanggung jawab untuk membuat insulin.

4. Kayu manis

Beberapa penelitian menunjukkan kayu manis mungkin merupakan suplemen yang bermanfaat untuk diabetes. Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa mengonsumsi suplemen 2 gram kayu manis selama 12 minggu secara signifikan meningkatkan hemoglobin A1C (HA1C) pada penderita diabetes tipe 2,.

Dan ulasan tahun 2019 menunjukkan kayu manis telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dalam beberapa penelitian, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

5. Vitamin D

Penelitian telah menunjukkan ada peningkatan risiko diabetes tipe 2 pada orang dengan kadar vitamin D rendah. Vitamin D telah terbukti meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, mengurangi risiko resistensi insulin, yang sering menjadi pemicu diabetes tipe 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro