Ilustrasi/Pxlfitness
Health

Mudah, Ini 10 Cara Menciptakan Pola Makan Sehat

Rika Anggraeni
Senin, 20 September 2021 - 17:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Makan berlebihan dan pola makan yang buruk dapat menyebabkan seseorang menambah berat badan dan merusak kesehatan jangka panjang. Sudah saatnya Anda mengubah kebiasaan makan yang buruk dengan mengikuti cara berikut.

Tak dapat dipungkiri bahwa kebiasaan makan adalah alasan utama mengapa orang tidak bisa menurunkan berat badan atau mengeluh tentang masalah kesehatan. Meskipun berolahraga penting, namun mengendalikan pola makan dan kebiasaan makan Anda juga diperlukan untuk menjalani hidup sehat.

Dilansir dari Nagaland Post, Senin (20/9/2021) berikut adalah 10 cara mengontrol kebiasaan makan untuk hidup lebih sehat:

  1. Kunyah permen karet saat berbelanja

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa Anda tidak boleh berbelanja makanan dalam kondisi perut lapar. Sebagai solusinya, Anda mungkin membutuhkan permen karet tanpa gula sebelum Anda pergi berbelanja.

Menurut beberapa penelitian, ketika Anda mengunyah permen karet, rasa lapar dan keinginan membeli junk food akan berkurang. Akibatnya, Anda dapat membeli lebih sedikit makanan ringan berkalori tinggi, seperti keripik, dan membeli makanan lebih sehat, seperti sayuran.

  1. Pilih makanan sehat terlebih dahulu

Jika Anda sedang makan di rumah atau berada di tempat makan, mulailah isi piring Anda dengan makanan yang paling sehat terlebih dahulu.

Penelitian menunjukkan bahwa umumnya pengunjung di prasmanan cenderung mengambil porsi lebih besar dari beberapa makanan pertama yang mereka lihat. Maka dari itu, pilihlah makanan sehat seperti sayuran atau biji-bijian sebelum Anda memilih daging dan sisi yang lebih berlemak.

  1. Beli dengan uang tunai

Saat Anda membeli sesuatu dan menyerahkan pembayarannya dengan uang tunai, Anda mulai berpikir sejenak hingga dua kali. Misalnya, ketika siswa diminta untuk menggunakan uang tunai untuk membayar makanan yang kurang sehat seperti kue, mereka berpikir dua kali tentang hal itu, dan sering mengambil makanan yang lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro