Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Tanda Anda Tidak Bahagia Dilihat dari Sisi Psikologis

Simak 4 tanda seseorang tidak bahagia jika dilihat dari sisi psikologis. Waspadai gejalanya!
Ithamar Yaomi DC
Ithamar Yaomi DC - Bisnis.com 28 September 2021  |  15:08 WIB
Ilustrasi seseorang yang tidak bahagia - Freepik.com
Ilustrasi seseorang yang tidak bahagia - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA — Tidak bahagia dapat diartikan sebagai kondisi di mana Anda merasa tidak puas, selalu fokus pada apa yang tidak dimiliki, bukan sebaliknya. Simak 4 tanda Anda tidak bahagia jika dilihat dari sisi psikologis.

Kebahagiaan yang gagal diraih bisa mempengaruhi kualitas keseluruhan hidup Anda seperti karier, hubungan asmara, dan kesejahteraan hidup.

Lantas, apa yang membuat orang tidak bahagia?

Sulit untuk mengatakan kapan seseorang bahagia atau tidak puas dengan hidupnya. Seringkali kita salah mengartikan tawa atau senyuman dengan kebahagiaan. Sebaliknya, ketika kita melihat seseorang sendirian, stres atau berkelahi, kita menganggap mereka tidak bahagia.

Namun, hal tersebut mungkin tidak sepenuhnya benar. Kadang-kadang orang yang berurusan dengan ketidakbahagiaannya sendiri mungkin tidak menyadari mengapa mereka sengsara.

Simak 4 tanda seseorang tidak bahagia jika dilihat dari sisi psikologis seperti dilansir dari Times of India, Selasa (28/9/2021):

1. Memilih hidup dalam kenangan

Tentunya, masa lalu kita memainkan peran penting dalam kehidupan. Namun, memikirkan kenangan negatif dari masa lalu dapat membuatnya memengaruhi masa kini dan membiarkannya memengaruhi masa depan Anda, hingga dapat membuat sangat tidak bahagia seiring waktu.

2. Hidup dalam kebencian

Hidup ini penuh dengan penyesalan dan dendam. Tetapi haruskah Anda terus mengkhawatirkan dan membiarkannya mendominasi pikiran Anda?

Menyimpan dendam, bersumpah untuk membalas orang-orang yang menganiaya Anda, dan mencari cara untuk membuat mereka membayar kembali perbuatannya, hanya akan membuang-buang waktu.

3. Khawatir tentang apa yang dikatakan orang lain

Tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mencegah orang berbicara. Ini adalah hidup, dan tanpa disadari pada titik tertentu Anda juga mungkin pernah melakukannya. Namun, apakah Anda ingin membatasi diri, membatasi gerakan, atau mengatur perilaku Anda berdasarkan apa yang akan dikatakan orang tentang Anda lain?

Tidak semuanya ada dalam kendalimu, jadi belajarlah untuk melepaskan
Meskipun Anda dapat mengubah cara hidup Anda, menggunakan perubahan gaya hidup tertentu, untuk membawa perubahan di masa depan, ada hal-hal yang benar-benar tidak dapat dilakukan.

Inilah saatnya Anda harus melepaskannya. Karena memikirkan apa yang akan terjadi, bagaimana hal-hal akan terjadi, hanya akan membuat Anda lebih cemas dan stres.

4. Tidak percaya diri

Tidak apa jika suatu saat bernuat kesalahan. Pilihan dan keputusan yang Anda buat bisa mengarah ke segala arah, baik atau buruk. Tetapi meragukan diri sendiri, menyalahkan diri sendiri karena salah tentang keputusan tertentu, hanya akan meninggalkan lekukan pada pikiran dan jiwa Anda.

Jangan hanya memikirkan kemungkinan yang terburuk. Penting bagi Anda untuk memercayai diri sendiri dan keputusan Anda. Menjadi orang yang sinis terkadang berguna, tetapi itu akan selalu membuat Anda tidak bahagia dan pahit.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

psikologi stres Kepribadian
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top