Ilustrasi diet untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh/Freepik.com
Health

Lakukan 10 Hal Ini Jika Ingin Turunkan Kadar Kolesterol Secara Alami

Ithamar Yaomi DC
Kamis, 14 Oktober 2021 - 15:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kolesterol memainkan peran penting dalam kemampuan fungsi tubuh. Namun, kolesterol tinggi bisa membahayakan fisik. Segera lakukan 10 hal ini jika ingin menurunkan kadar kolesterol secara alami.

Masalah muncul ketika Anda memiliki terlalu banyak kolesterol "jahat" atau LDL. Hal itu dapat menyumbat arteri Anda dan meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, seperti serangan jantung. Sebaliknya, "kolesterol baik" atau HDL dapat membantu menyingkirkan kolesterol jahat dalam aliran darah.

Berdasarkan data, sebanyak 38 persen orang dewasa di Amerika Serikat memiliki kolesterol tinggi. Selain berkonsultasi dengan dokter untuk merencanakan tindakan pengobatan, ada beberapa cara yang sangat efisien untuk menurunkan kolesterol Anda secara alami.

Simak 10 cara untuk menurunkan kolesterol secara alami seperti dilansir dari situs Parade, Kamis (14/10/2021).

1. Kurangi makan daging

Kurangi konsumsi daging berlemak (daging sapi, babi, unggas daging gelap, dan daging yang diawetkan seperti bacon dan sosis). Jika memungkinkan ganti dengan lemak nabati seperti alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan (bukan minyak biji olahan).

2. Perbanyak serat

Perubahan pola makan sederhana yang dapat Anda lakukan adalah memasukkan lebih banyak makanan kaya serat ke dalam makanan.

“Serat sangat bagus untuk membersihkan kelebihan lemak dalam darah dan mengirimkannya keluar dari tubuh dengan cepat,” jelas Dr. Stephenson seperti dilansir dari parade.com, Kamis (14/10/2021).

3. Konsumsi buah dan sayur berwarna

Pilih buah dan sayuran berwarna cerah, yang mengandung polifenol. Senyawa tanaman ini bertanggung jawab atas warna dalam produk yang mengurangi penyerapan kolesterol.

"Semua buah beri kaya akan polifenol, begitu juga teh hijau, sebagian besar bumbu dan rempah-rempah, bahkan cokelat hitam [lebih dari 70 persen kakao],” kata Dr. Stephenson.

4. Makan ikan

Mengurangi lemak jenuh akan membantu menurunkan kolesterol 'jahat' (LDL), dan menurunkan semua asupan lemak akan menurunkan kolesterol total. Namun, diet yang sangat rendah lemak juga akan menurunkan kolesterol 'baik' (HDL) yang sangat protektif terhadap penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro