Ilustrasi wanita merasa bersalah akibat makan fast food yang mengandung kolesterol tinggi/Freepik.com
Health

Lakukan 10 Hal Ini Jika Ingin Turunkan Kadar Kolesterol Secara Alami

Ithamar Yaomi DC
Kamis, 14 Oktober 2021 - 15:41
Bagikan

Kurangi stres dan turunkan berat badan

5. Terus bergerak

“Olahraga sangat baik untuk menurunkan kolesterol, tetapi yang lebih mengesankan lagi, olahraga ini dapat menargetkan kolesterol LDL sekaligus meningkatkan kolesterol HDL.

Sebuah meta-analisis dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik dapat menurunkan kolesterol total dan LDL sambil meningkatkan atau mempertahankan kolesterol HDL, dengan kecepatan antara 40 dan 150 menit per minggu.

6. Kurangi stres

Stres dapat meningkatkan kadar kolesterol. Kortisol, hormon yang dilepaskan pada saat stres, terbuat dari kolesterol LDL.

"Hal ini dapat meningkatkan obesitas perut dan merangsang nafsu makan,” ungkap dokter naturopati dari Arizona dan penulis buku terlaris Total Health Turnaround, Dr. Tricia Pingel, NMD.

7. Pola makan nabati

Seperti disebutkan di atas, makan lebih sedikit daging itu penting tetapi jika Anda benar-benar ingin menurunkan kadar kolesterol, Anda mungkin ingin menghindari produk hewani sepenuhnya.

8. Seimbangkan hormon

Kolesterol merupakan tulang punggung produksi hormon, sehingga ada hubungan langsung antara keduanya.

“Jika kolesterol LDL Anda terlalu rendah, hormon seks Anda akan terpengaruh, seringkali mengakibatkan kebutuhan untuk menambahkan terapi hormon ke daftar pengobatan Anda,” kata Dr. Pingel.

9. Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan dan memiliki kolesterol tinggi sering berjalan beriringan. Diet dan penurunan berat badan dapat menurunkan kolesterol total antara 10-20 persen.

"Namun, dalam banyak kasus, penurunan kolesterol yang lebih besar perlu dicapai,” kata Dr. Robert Greenfield, MD.

10. Ikuti diet DASH atau Mediterania

Mengikuti salah satu diet ini dan memperhatikan asupan kalori Anda akan membantu upaya penurunan berat badan Anda. Dia menambahkan pasien yang kelebihan berat badan secara signifikan dan tidak mengikuti diet rendah lemak, makan terlalu banyak lemak jenuh dan lemak trans, dapat menurunkan kolesterol mereka secara signifikan dengan diet Mediterania, pembatasan kalori, dan olahraga.

“Saya merekomendasikan diet DASH dan Mediterania karena mereka menekankan konsumsi ikan, unggas, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan dan banyak air,” jelas Dr. Greenfield.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro