Minyak zaitun/tsmc.com.au
Health

Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 17 Oktober 2021 - 09:09
Bagikan

Makanan yang harus dikonsumsi

Carilah buah-buahan dan sayuran berwarna-warni, seperti beri, jeruk, apel, ubi, brokoli, bayam, dan paprika. Secara alami bebas kolesterol dan rendah lemak, buah-buahan dan sayuran adalah dasar dari diet yang baik.

Biji-bijian utuh: Oat, quinoa, barley, dan gandum utuh menawarkan serat, karbohidrat kompleks, dan protein. Carilah roti, pasta, dan sereal yang dibuat dengan berbagai biji-bijian.

Anda perlu menghindari biji-bijian tertentu, jika dokter Anda mengatakan Anda tidak bisa makan gluten atau Anda memiliki penyakit celiac, yang mempengaruhi usus kecil Anda.

Pastikan untuk membaca label untuk memastikan produk yang Anda beli juga rendah lemak, gula, dan sodium.

Daging dan kacang-kacangan. Pilih potongan dada ayam atau kalkun tanpa kulit, dan potongan daging tanpa lemak seperti pork tenderloin dan beef round, sirloin, atau tenderloin. Baca label untuk memastikan daging setidaknya 92% bebas lemak.

Beli kacang kaya protein seperti kacang hitam, kedelai/edamame, ginjal, atau garbanzo.

Kacang-kacangan dan biji-bijian. Saat Anda membeli selai kacang atau mentega almond gaya alami, carilah produk yang hanya mengandung kacang, atau hanya kacang dan garam.

Susu/kalsium. Carilah produk rendah atau rendah lemak (yogurt, susu, dan keju), serta ikan kalengan seperti tuna, sarden, dan salmon.

Jika Anda tidak toleran laktosa atau vegan, cobalah sereal dan jus yang diperkaya atau diperkaya kalsium, dan sayuran berdaun hijau, untuk mengisi celah kalsium.

Vitamin D, kaya kalsium ada pada produk susu, beberapa produk sereal, dan margarin. Ini juga ditemukan secara alami pada ikan dan kuning telur.

Makanan kaya omega-3. Anda menemukan lemak ini dalam ikan. Ikan air dingin seperti salmon, tuna, halibut, herring, dan mackerel memiliki jumlah yang lebih tinggi. Anda juga dapat menemukan asam lemak omega-3 nabati dalam kenari dan biji rami. Ini mungkin termasuk telur, susu, produk kedelai, roti, sereal, dan pasta.

Beberapa minyak bisa baik untuk Anda. Minyak zaitun dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol "baik" (HDL) Anda. Carilah minyak nabati lainnya: canola, kedelai, dan bunga matahari.

Makanan yang diperkaya sterol nabati. Sterol dan stanol tumbuhan adalah zat yang membantu memblokir kolesterol agar tidak diserap di usus kecil Anda. Mereka ditemukan secara alami dalam makanan hanya dalam jumlah kecil. Anda bisa mendapatkan beberapa sterol dari produk, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan, tetapi tidak hampir 2 gram sehari yang direkomendasikan untuk orang dengan kolesterol tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro