Museum Santet/YouTube
Travel

Unik! Ada Museum Santet di Indonesia, Ini Koleksi di Dalamnya

Newswire
Senin, 25 Oktober 2021 - 20:59
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Selain terkenal dengan kuliner dan batiknya, Cirebon ternyata juga memiliki museum unik berbau mistis yang bernama Museum Santet.

Untuk berkunjung ke museum yang terletak di kawasan Talaga Langit ini, Anda harus melewati tangga serta dinding bambu dan masuk ke pintu yang rendah, sehingga Anda harus membungkuk.

Nah, ketika sudah berada di dalamnya, Anda pun akan disuguhi dengan beragam boneka berkain putih yang digantung secara acak.

Tak hanya itu, ada pula boneka menyerupai pocong di setiap sudut tangga yang mendukung suasana horor di museum.

Kendati begitu, boneka-boneka tersebut sebenarnya tidak ada apa-apanya. Mereka hanyalah simbol-simbol kekuatan hitam yang dijadikan media untuk menyantet orang.

Lalu, bangunan di tengah-tengah museum ini dilengkapi dengan kelambu warna merah muda, sehingga mendukung suasana mistis. Selain itu, terdapat pula sejumlah papan yang menyampaikan pesan dakwah, seperti selawat dan nasihat untuk memperbaiki salat.

Sementara itu, dilansir dari Pubinfo.id, Ustaz Ujang Busthomi atau biasa dipanggil Kang Ujang selaku perintis museum unik ini berkata museum santet adalah caranya untuk menyampaikan dakwah.

Melalui museum tersebut, ia ingin mengingatkan bahwa manusia harusnya takut Kepada Allah SWT, bukan hal-hal klenik, gaib, santet, dan takut setan.

Di sisi lain, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, pun mengapresiasi terobosan yang dilakukan Kang Ujang. Menurutnya, wisata ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro