Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gejala Endometriosis yang Harus Diperhatikan

Wanita juga mungkin memiliki endometriosis tanpa gejala, sehingga sulit untuk mengetahui seberapa umum penyakit ini dialami.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 26 Oktober 2021  |  16:21 WIB
Ilustrasi sakit perut Blogdoctoroz.com -
Ilustrasi sakit perut Blogdoctoroz.com -

Bisnis.com, JAKARTA -  Endometriosis adalah kondisi jangka panjang di mana jaringan yang mirip dengan lapisan rahim tumbuh di tempat lain, seperti ovarium dan saluran tuba.

Hidup dengan endometriosis bisa menyakitkan, meskipun ada beberapa perawatan yang bertujuan untuk meredakan gejala sehingga kondisinya tidak mengganggu kehidupan sehari-hari Anda.

Gejala dapat bervariasi dalam intensitas pada mereka dengan endometriosis, dan jumlah endometriosis tidak selalu sesuai dengan jumlah rasa sakit dan ketidaknyamanan yang dialami, menurut amal Endometriosis UK. NHS mengatakan Anda harus menemui dokter umum jika Anda memiliki gejala endometriosis, terutama jika mereka memiliki dampak besar pada hidup Anda. Penyebab endometriosis tidak diketahui, tetapi kondisinya cenderung menurun dalam keluarga.

Gejala Endometriosis: Empat jenis rasa sakit yang akan Anda alami

Endometriosis UK mengatakan salah satu gejala klasik adalah buang air besar yang menyakitkan.

Gejala usus dan kandung kemih yang telah dilaporkan termasuk pendarahan dari usus, dan gejala iritasi usus seperti diare, sembelit, dan kembung. Nyeri saat buang air kecil dan nyeri sebelum atau sesudah buang air kecil, juga merupakan tanda yang mungkin.

Gejala lain yang mungkin dari endometriosis mungkin termasuk: kram menstruasi yang berlebihan, aliran menstruasi yang tidak normal atau berat dan nyeri saat berhubungan.

“Penting untuk mencari nasihat medis untuk mengklarifikasi penyebab gejala apa pun. Jika gejala berubah setelah diagnosis, penting untuk mendiskusikan perubahan ini dengan dokter Anda. Sangat mudah untuk menghubungkan semua masalah dengan endometriosis, tetapi mungkin tidak selalu menjadi alasannya.” tulis mereka dilansir dari Express.

Endometriosis UK mengatakan salah satu gejala klasik adalah buang air besar yang menyakitkan.
Endometriosis biasanya ditandai dengan nyeri haid pada hari-hari sebelum haid.

“Menstruasi menjadi biasanya menyakitkan, sering kali berarti hari libur sekolah, kuliah atau bekerja. Jika nyeri haid menghalangi Anda untuk melakukan aktivitas normal Anda, silakan mencari saran medis, ”kata badan amal itu.

Endometriosis dapat mempengaruhi semua wanita dan anak perempuan dan mereka yang ditetapkan sebagai wanita saat lahir pada usia subur, tanpa memandang ras atau etnis.

Kemungkinan kondisi ini disebabkan oleh kombinasi berbagai faktor.

"Mungkin sulit untuk mendiagnosis endometriosis karena gejalanya dapat sangat bervariasi, dan banyak kondisi lain dapat menyebabkan gejala yang sama.Oleh karena itu, mungkin membantu untuk menuliskan gejala Anda sebelum menemui dokter," tambah mereka.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sekarang ada rata-rata 7,5 tahun antara wanita yang pertama kali menemui dokter tentang gejala mereka dan menerima diagnosis yang tegas, menurut Endometriosis UK.

Ada sejumlah kemungkinan komplikasi dari kondisi tersebut. Salah satu yang utama adalah sulit hamil atau tidak bisa hamil sama sekali.

NYERI Endometriosis

Endometriosis biasanya ditandai dengan nyeri haid pada hari-hari sebelum haid.

Menurut American Society for Reproductive Medicine, endometriosis dapat ditemukan pada 24 hingga 50 persen wanita yang mengalami infertilitas.

Bagaimana endometriosis mempengaruhi kesuburan tidak dipahami dengan jelas. Diperkirakan bahwa jaringan parut dari endometriosis dapat mengganggu pelepasan sel telur dari ovarium dan pengambilan berikutnya oleh tuba falopi, menurut The Johns Hopkins Hospital.

NHS menyarankan bahwa operasi untuk mengangkat jaringan endometriosis dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk hamil, "walaupun tidak ada jaminan bahwa Anda akan bisa hamil setelah perawatan".

Wanita juga mungkin memiliki endometriosis tanpa gejala, sehingga sulit untuk mengetahui seberapa umum penyakit ini dalam populasi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker rahim endometriosis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top