Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan, Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Tak sekadar kaya akan serat, rumput laut juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut ulasannya.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 28 Oktober 2021  |  14:35 WIB
Ilustrasi salad rumput laut - maxpixel.net
Ilustrasi salad rumput laut - maxpixel.net

Bisnis.com, SOLO - Tanaman rumput laut tentu tak asing lagi bagi masyarakat di negara-negara Asia. Namun, tahukah Anda, rumput laut ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, lho?

Dikutip dari Healthine, Kamis (28/10/2021), tanaman yang termasuk dalam keluarga ganggang ini mengandung beragam nutrisi dan mineral, seperti vitamin A, C, E, dan K, juga folat, seng, natrium, kalsium, serta magnesium.

Tak hanya itu, ia pun memiliki lemak omega-3 dan vitamin B12 yang mana baik untuk kesehatan. Lemak omega-3 sendiri diketahui berperan dalam menunjang kesehatan otak, jantung, dan metabolisme tubuh.

Sementara itu, vitamin B12 memiliki peran yang penting dalam memproduksi sel darah merah, sehingga bisa mengurangi risiko anemia megaloblastik yang dapat membuat seseorang mudah letih dan lemas.

Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah manfaat rumput laut bagi kesehatan.

1. Lindungi tubuh dari radikal bebas

Rumput laut memiliki kandungan senyawa flavonoid dan karotenoid. Senyawa tersebut membantu tubuh menyerap vitamin C dengan lebih baik dan berfungsi melindungi sel-sel dalam tubuh dari radikal bebas.

2. Menyehatkan pencernaan

Selain mengenyangkan, tanaman ini memiliki kandungan serat yang penting untuk membantu mencegah semua penyakit pencernaan. Tingginya serat dalam rumput laut juga membuat makanan ini cocok untuk Anda yang sedang menjalankan diet.

3. Meningkatkan fungsi tiroid

Rumput laut memiliki kandungan yodium yang kaya, yang mana penting untuk meningkatkan fungsi tiroid. Adapun kelenjar tiroid itu sendiri berfungsi untuk menghasilkan hormon yang mengatur berbagai fungsi tubuh, termasuk suhu tubuh dan detak jantung.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Tingginya kolesterol, hipertensi, dan obesitas adalah sejumlah faktor yang menyebabkan seseorang rentan akan penyakit jantung. Nah, kandungan nutrisi dan mineral pada rumput laut di sini dapat membantu mengurangi kadar kolestrol. Tak hanya itu, adanya karbohidrat yang disebut fucan dalam rumput laut juga dapat mencegah pembekuan terkait dengan penyakit jantung.

5. Bantu mengatur kadar gula dalam darah

Tak hanya baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular, rumput laut juga bisa mengurangi risiko terkena diabetes. Senyawa seperti fucoxanthin dan alginat yang terkandung di dalamnya dapat membantu mengurangi kadar gula darah, sehingga meminimalkan risiko diabetes.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan rumput laut
Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top