Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kembali Beraktivitas di Kantor ? Ini 5 Tantangan yang Dihadapi Pekerja

Kembali ke kantor bisa membuat stres atau nyaman, tergantung pada sikap pribadi dan lingkungan kantor. Orang yang terlibat secara sosial akan senang kembali ke perusahaan rekan kerja, sementara seorang introvert mungkin merasa tertantang oleh kebutuhan untuk berbaur dan bergaul setelah waktu yang lama.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 01 November 2021  |  19:41 WIB
Ilustrasi - Hrinasia
Ilustrasi - Hrinasia

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak perusahaan saat ini yang sudah mewajibkan pekerjanya bekerja kembali di kantor alias work from office.

Bagi Anda yang sudah terbiasa bekerja di rumah, mungkin ada perasaan khawatir dan cemas kembali bekerja di tengah banyak orang, dengan ancaman pandemi yang belum sepenuhnya berakhir.

Datang ke kantor sekarang bisa tampak seperti tantangan besar. Sangat penting untuk mengambil langkah yang tepat untuk membuat transisi ini semulus mungkin.

Berikut tips yang perlu Anda pertimbangkan ketika mulai bekerja di kantor dilansir dari Times of India :

1. Wanita paling banyak menghadapi beban

Karena perempuan telah lama menjadi pengasuh utama rumah tangga, mereka menghadapi cukup banyak kesulitan dalam menangani pekerjaan rumah tangga dan kantor pada saat yang bersamaan. Sambil merawat anak-anak dan orang tua, wanita dapat menghabiskan lebih banyak waktu bersama mereka setiap saat. Mereka mungkin merasa cemas sekarang karena harus kembali ke kantor.

2. Pendekatan selektif

Manajer dan pemilik bisnis harus berhati-hati saat menerapkan aturan di tempat kerja lagi karena orang mungkin memiliki pandangan yang berbeda tentang situasi tersebut. Ekstrovert mungkin senang untuk kembali sementara introvert mungkin merasakan tekanan ekstra untuk berinteraksi dengan rekan kerja setelah berada jauh dari kantor untuk waktu yang lama.

3. Pertimbangan kesehatan mental

Para ahli telah menyebutkan bahwa orang akan menghadapi kecemasan dan stres pada tingkat tertinggi karena situasi ini sangat umum di luar sana. "Kembali ke kantor bisa membuat stres atau nyaman, tergantung pada sikap pribadi dan lingkungan kantor. Orang yang terlibat secara sosial akan senang kembali ke perusahaan rekan kerja, sementara seorang introvert mungkin merasa tertantang oleh kebutuhan untuk berbaur dan bergaul setelah waktu yang lama,"ujar K. Srinath Reddy presiden Yayasan Kesehatan Masyarakat India, New Delhi, kepada IANS.

4. Pendekatan terbaik

Perusahaan dan bisnis dapat memastikan bahwa lingkungan kerja mereka cocok untuk karyawan setelah mereka kembali ke kantor setelah jeda yang begitu besar. Mereka harus menghindari penerapan aturan ketat dan menjaga suasana tetap menyenangkan dan tenang.

Rutinitas kerja yang fleksibel harus diterapkan sampai orang-orang datang ke kantor secara teratur. Ruang kantor juga dapat didesain ulang untuk membantu karyawan merasa nyaman, menurut Jayesh Ganesh, Regional Head of Edifice Consultants, sebuah firma desain arsitektur yang berbasis di Bengaluru kepada IANS.

5. Adaptasi

Pada fase ini, orang harus perlahan-lahan bersiap dan belajar beradaptasi dengan keadaan yang berubah. Director, Mental Health and Behavioral Sciences, di Fortis Healthcare, mantra Dr Samir Parikh 'ambil satu langkah pada satu waktu, yaitu satu hari pada satu waktu' dapat sangat membantu orang untuk menerima situasi kerja pascapandemi. Karyawan juga dapat menerapkan rutinitas terorganisir yang akan membantu mereka kembali ke kehidupan kerja sebelum pandemi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tips Karir Work From Home
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top