Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Daftar Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh

Vitamin K sangat dibutuhkan oleh tubuh, sebab tanpa vitamin itu maka darah bisa menggumpal. Simak daftar vitamin lain yang dibutuhkan oleh tubuh.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 03 November 2021  |  19:48 WIB
8 Daftar Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh
Daftar vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. - ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tubuh membutuhkan vitamin dan nutrisi yang terkadang jarang didapat dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Mengutip dari medlineplus, Rabu (3/11/2021), masing-masing vitamin memiliki tugas penting dalam tubuh. Kekurangan vitamin bisa menyebabkan masalah pada kesehatan.

Bila seseorang kurang mengonsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan, lentil, biji-bijian dan makanan susu maka bisa menyebabkan risiko masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, kanker, dan kesehatan tulang yang buruk (osteoporosis).

Simak daftar vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh:

1. Vitamin A membantu membentuk dan menjaga kesehatan gigi, tulang, jaringan lunak, selaput lendir, dan kulit.

2. Vitamin B6 juga disebut piridoksin. Vitamin B6 membantu membentuk sel darah merah dan menjaga fungsi otak. Vitamin ini juga memainkan peran penting dalam protein yang merupakan bagian dari banyak reaksi kimia dalam tubuh. Semakin banyak protein yang Anda makan, semakin banyak piridoksin yang dibutuhkan tubuh Anda.

3. Vitamin B12 sama seperti vitamin B lainnya, penting untuk metabolisme tubuh. Ini juga membantu membentuk sel darah merah dan menjaga sistem saraf pusat.

4. Vitamin C, juga disebut asam askorbat, berfungsi untuk membantu tubuh menyerap zat besi dan menjaga jaringan yang sehat. Ini juga penting untuk penyembuhan luka.

5. Vitamin D bisa didapat dari sinar matahari. Berjemurlah sekitar 10 menit - 15 menit di bawah sinar matahari pagi, sekitar 3 kali seminggu. Orang yang tidak tinggal di garis khatulistiwa, maka membutuhkan vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium pada tubuh.

6. Kalsium berfungsi untuk pemeliharaan kesehatan gigi dan tulang. Ini juga membantu menjaga kadar kalsium dan fosfor darah yang tepat.

7. Vitamin E adalah antioksidan yang juga dikenal sebagai tokoferol. Ini membantu tubuh membentuk sel darah merah dan menggunakan vitamin K.

8. Vitamin K sangat diperlukan oleh tubuh. Sebab, tanpa vitamin K maka darah tidak akan saling menempel (menggumpal).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vitamin c vitamin vitamin d
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top