Daftar vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh./ilustrasi
Health

8 Daftar Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh

Novita Sari Simamora
Rabu, 3 November 2021 - 19:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tubuh membutuhkan vitamin dan nutrisi yang terkadang jarang didapat dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Mengutip dari medlineplus, Rabu (3/11/2021), masing-masing vitamin memiliki tugas penting dalam tubuh. Kekurangan vitamin bisa menyebabkan masalah pada kesehatan.

Bila seseorang kurang mengonsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan, lentil, biji-bijian dan makanan susu maka bisa menyebabkan risiko masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, kanker, dan kesehatan tulang yang buruk (osteoporosis).

Simak daftar vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh:

1. Vitamin A membantu membentuk dan menjaga kesehatan gigi, tulang, jaringan lunak, selaput lendir, dan kulit.

2. Vitamin B6 juga disebut piridoksin. Vitamin B6 membantu membentuk sel darah merah dan menjaga fungsi otak. Vitamin ini juga memainkan peran penting dalam protein yang merupakan bagian dari banyak reaksi kimia dalam tubuh. Semakin banyak protein yang Anda makan, semakin banyak piridoksin yang dibutuhkan tubuh Anda.

3. Vitamin B12 sama seperti vitamin B lainnya, penting untuk metabolisme tubuh. Ini juga membantu membentuk sel darah merah dan menjaga sistem saraf pusat.

4. Vitamin C, juga disebut asam askorbat, berfungsi untuk membantu tubuh menyerap zat besi dan menjaga jaringan yang sehat. Ini juga penting untuk penyembuhan luka.

5. Vitamin D bisa didapat dari sinar matahari. Berjemurlah sekitar 10 menit - 15 menit di bawah sinar matahari pagi, sekitar 3 kali seminggu. Orang yang tidak tinggal di garis khatulistiwa, maka membutuhkan vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium pada tubuh.

6. Kalsium berfungsi untuk pemeliharaan kesehatan gigi dan tulang. Ini juga membantu menjaga kadar kalsium dan fosfor darah yang tepat.

7. Vitamin E adalah antioksidan yang juga dikenal sebagai tokoferol. Ini membantu tubuh membentuk sel darah merah dan menggunakan vitamin K.

8. Vitamin K sangat diperlukan oleh tubuh. Sebab, tanpa vitamin K maka darah tidak akan saling menempel (menggumpal).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro