Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beragam Manfaat Ginkgo Biloba untuk Tubuh

Ginkgo Biloba bukan hanya pohon yang hanya dipakai untuk memperindah untuk taman, tetapi ternyata tumbuhan ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan berdasarkan hasil kajian dan riset ilmiah oleh berbagai peneliti dari manca negara dan telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional selama ratusan tahun yang lalu.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 22 November 2021  |  09:59 WIB
Ilustrasi peredaran darah tidak lancar
Ilustrasi peredaran darah tidak lancar

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda mengalami tangan dan kaki terasa dingin dan bahkan mati rasa, kelelahan tubuh, kram pada otot kaki, telinga seperti berdenging, kepala pusing, sakit kepala, atau bahkan mengalami disfungsi ereksi pada pria?

Gejala-gejala berikut ini terjadi ketika peredaran darah Anda mengalami “kemacetan”.

Penyebabnya bisa karena mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi, tingginya kadar kolesterol di dalam darah, tingginya kandungan gula dalam darah, kebiasaan merokok dan kurangnya aktivitas fisik.

"Hal-hal tersebut dapat menyebabkan pengerasan pembuluh darah dan menyebabkan terbentuknya plak di dalam pembuluh darah Anda dan hal ini akan mempengaruhi aliran/sirkulasi darah,” kata Lian Hooi San, ahli gizi dari Herbal Revival Malaysia saat menjadi narasumber Thomson Health, dikutip dari keterangannya.

Dia memaparkan, aliran darah yang ‘macet’ menyebabkan oksigen dan nutrisi tidak dapat dialirkan mencapai organ, jaringan dan sel tubuh secara baik, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke juga.

“Kondisi sirkulasi darah yang buruk dapat menyebabkan berbagai macam masalah yang berbeda-beda, tetapi kebanyakan orang bahkan tidak tahu apa gejalanya! Jika Anda mengalami beberapa gejala ini, Anda seharusnya waspada,” katanya.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah gangguan aliran darah adalah Ginkgo Biloba. Berbagai penelitian memberi indikasi bahwa ekstrak Ginkgo biloba berkhasiat untuk melebarkan pembuluh darah dan memberi efek fibrinolitik, yang mampu melarutkan bekuan atau gumpalan darah, meningkatkan aliran darah ke jantung, otak dan anggota gerak tubuh.
Ginkgo biloba, yang biasa disebut ginkgo, adalah spesies pohon yang sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu, eksistensinya sampai saat ini membuatnya disebut sebagai “living fossil”.

Tumbuhan ini memiliki daun berbentuk kipas yang indah, warna hijau, dan daunnya akan berubah menjadi berwarna emas yang nampak mencolok di musim gugur. Pohon ini bisa ditemui di kuil, taman, dan pinggir jalan di seluruh Jepang.

Ginkgo bukan hanya pohon yang hanya dipakai untuk memperindah untuk taman, tetapi ternyata tumbuhan ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan berdasarkan hasil kajian dan riset ilmiah oleh berbagai peneliti dari manca negara dan telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional selama ratusan tahun yang lalu.

Kacang Ginkgo atau biji Ginkgo biloba biasa dikonsumsi untuk makanan dan bagian daunnya memiliki nilai atau khasiat obat. Oleh karena itu, penelitian modern kemudian berfokus pada khasiat ekstrak daun ginkgo untuk kesehatan.

Berikut beragam macam manfaat ginkgo biloba

Ramuan Alami untuk Sirkulasi Darah dan Perlindungan Jantung

Peningkatan aliran darah terbukti memberikan dampak meningkatkan sirkulasi darah dan mengatasi gejala menganggu akibat kurang lancarnya aliran darah.

Ekstrak Ginkgo biloba selain berkhasiat untuk melebarkan pembuluh darah dan memberi efek fibrinolitik, kandungan flavonoid dan terpenoid dalam Ginkgo Biloba memberikan kemampuan untuk melindungi sel jantung dan saraf karena bekerja sebagai antioksidan dan mengurangi peradangan.

Penguatan Daya Kerja Otak

Sebuah penelitian yang memberikan asupan Ginkgo Biloba kepada para mahasiswa menunjukkan peningkatan daya fokus/konsentarasi dan kualitas memori dalam periode 4 jam setelah mengkonsumsi dosis tunggal ginkgo.

Penurunan fungsi kognitif pada lansia non-demensia yang menggunakan ginkgo dilaporkan lebih rendah dan konsumsi ginkgo juga menunjukkan efek yang menjanjikan dalam memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer. Selain itu, ekstrak Ginkgo biloba dalam kombinasi dengan pengobatan aspirin dapat membantu pemulihan otak dan saraf setelah serangan stroke iskemik.

Perlindungan Daya Penglihatan

Retinopati diabetik dan glaukoma merupakan gangguan mata yang bisa menyebabkan kebutaan. Studi dari Italia menunjukkan bahwa retinopati diabetik dapat dikurangi dengan mengonsumsi ekstrak Ginkgo biloba; sementara penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak Ginkgo biloba secara efektif meningkatkan aliran darah ke mata pada pasien penderita diabetes tipe 2 dengan retinopati setelah meminumnya selama tiga bulan seperti dilansir dalam laporan jscimedcentral.com.

Ginkgo biloba juga berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke retina dan bidang visual pada penderita Glaukoma Ketegangan Normal (Normal Tension Glaucoma), yaitu mereka yang mengalami kerusakan syaraf optik dalam mata walaupun tekanan tidak begitu tinggi.

Menyelamatkan Kehidupan Romantis Anda

Peneliti menemukan bahwa Ginkgo biloba mampu memperbaiki disfungsi ereksi; dikatakan bahwa tanaman herbal ini melebarkan pembuluh darah, memberi efek pada sistem oksida nitrat, yang bekerja di syaraf nitrergik yang aktif pada otot polos, berlimpah di saluran pencernaan dan jaringan ereksi, aliran darah lebih banyak ke alat kelamin pria, akan membantu dalam ereksi.

Sementara di sisi lain, Ginkgo biloba dapat membantu wanita secara seksual dengan membantu pelumasan dan menambah libido, yang juga bisa dikombinasikan dengan terapi disfungsi seksual pada kaum hawa.

Meredakan Nyeri

Klaudikasio intermiten merupakan rasa sakit yang timbul atau kondisi nyeri kram pada kaki saat beraktivitas sehingga perlu rehat sejenak untuk pulih kembali. Ginkgo Biloba dalam hal ini bermanfaat untuk meredakan nyeri akibat penyumbatan arteri tersebut. Ginkgo Biloba juga membantu mengatasi nyeri syaraf akibat diabetes, karena menyebabkan kerusakan syaraf, biasanya pada kaki.

Pilihan Pemulihan untuk Gangguan Telinga bagian Dalam
Ginkgo Biloba juga bisa menjadi opsi dalam perawatan terhadap penderita vertigo (pusing) yang bersumber dari berbagai penyebab, dengan efek yang mirip seperti obat, tetapi ginkgo memiliki efek samping yang lebih sedikit. Disamping itu, asupan harian ekstrak Ginkgo Biloba dosis 120-240mg kepada pasien tinnitus (telinga berdenging) menunjukan perbaikan yang positif.

Benjamin Lim, apoteker dan direktur suplemen Thomson mengatakan, ada lebih banyak manfaat kesehatan dari Ginkgo biloba, namun, tidak semua ekstrak Ginkgo biloba sama. Pastikan Ginkgo biloba yang Anda konsumsi menggunakan daun ginkgo segar yang masih muda dan memiliki sedikit asam ginkgolic (yang dapat menyebabkan reaksi alergi).

"Kualitas produk ginkgo menentukan keamanan dan keefektifannya, jadi sangat penting untuk memilih produk ginkgo yang tepat.” ujarnya.

Disebutkan bahwa kandungan dalam Ginkgo Biloba itu terdiri dari 22%–27% flavone glycosides, 2.8%–3.4% Ginkgolide A, B, dan C, 2.6%–3.2% bilobalide, dan kurang dari 5 ppm asam ginkgolic.

“Kita tahu bahwa kualitas suplemen herbal bisa sangat bervariasi. Itulah sebabnya mengapa kami melakukan pengujian disamping apa yang disyaratkan oleh pemerintah untuk memastikan kualitas tetap tinggi. Salah satu contohnya adalah pengujian HPLC untuk memastikan bahwa ekstrak ginkgo biloba yang kami dapatkan dari pemasok kami adalah daun ginkgo yang asli dan berkualitas tinggi,” kata Benjamin Lim.

Tanpa pengujian ini, katanya pemasok bisa saja menyediakan bahan-bahan yang kualitasnya sangat rendah atau mengandung zat berbahaya. Tes tambahan lain yang kami lakukan disebut tes disolusi. Hal ini untuk memastikan produk dapat larut dalam tubuh kita untuk daya penyerapan. Jika produk tidak dapat larut, tubuh kita tidak akan dapat menyerap bahan aktifnya dan produk tersebut tidak akan berguna.

Dalam suplemen yang disebut sebagai Thomson Activated Ginkgo buatan Thomson, katanya, mereka menggunakan daun Ginkgo Jepang dan Teknologi Aktivasi Jepang untuk memperbaiki penyerapan bahan-bahan aktifnya dalam tubuh. Produk ini juga sudah digunakan seorang spesialis syaraf di Singapura selama lebih dari 10 tahun dengan hasil yang efektif.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

darah daun sirsak
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top