Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Manfaat Kesehatan Saat Setop Minum Alkohol

Melihat betapa berbahayanya alkohol terhadap kesehatan, mulai mengurangi alkohol dapat sangat membantu Anda terhindar dari risiko-risiko berbahaya ini. Tidak hanya itu, beberapa manfaat lain juga bisa Anda rasakan dari mengurangi minuman beralkohol.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 09 Desember 2021  |  14:59 WIB
Minuman beralkohol.  - ANTARA
Minuman beralkohol. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Sebenarnya, alkohol memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, jika diminum secukupnya. Namun, banyak dari kita justru menyalahgunakannya, sehingga bukan manfaat baik yang kita dapatkan, tetapi justru dampak buruknya. 

Bahaya jangka pendek yang bisa terjadi akibat mengonsumsi alkohol berlebihan termasuk tubuh kehilangan kendali, risiko mengalami kecelakaan, keracunan alkohol hingga melakukan tindakan kekerasan. 

Sementara, bahaya jangka panjang meliputi kerusakan pada hati, rentan terkena pankreatitis, menurunkan fungsi otak, mengalami masalah sistem pencernaan, hingga risiko terkena penyakit jantung.

Melihat betapa berbahayanya alkohol terhadap kesehatan, mulai mengurangi alkohol dapat sangat membantu Anda terhindar dari risiko-risiko berbahaya ini. Tidak hanya itu, beberapa manfaat lain juga bisa Anda rasakan dari mengurangi minuman beralkohol.

1. Anda tidur lebih nyenyak

Melansir Well and Good, Kamis (9/12/2021), seorang psikolog klinis di Ohio State University Wexner Medical Center Brad Lander mengatakan, salah satu kesalahpahaman terbesar tentang alkohol adalah bahwa alkohol akan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Faktanya, justru sebaliknya.

Ahli saraf Kristen Willeumier menuturkan, meskipun pada awalnya alkohol menenangkan, setelah dimetabolisme, mereka dapat membuat kualitas tidur Anda terganggu di malam hari.

Ini artinya, meskipun pada awalnya Anda mungkin lebih cepat tertidur, Anda cenderung terbangun di tengah malam dan kehilangan tidur REM, bagian dari siklus tidur yang membantu memulihkan otak dan tubuh. Akibatnya, tingkat energi Anda akan berpengaruh.

Studi ilmiah mendukung hal ini. Dalam studi tersebut, mereka menemukan bahwa minum alkohol dalam jumlah sedang dan berat, keduanya telah terbukti menyebabkan lebih sedikit waktu tidur REM, terutama jika dilakukan secara konsisten.

2. Anda akan lebih terhidrasi

Meskipun mereka berbentuk cair, bukan berarti mereka mampu menghidrasi. Menurut Lander, semakin banyak Anda minum alkohol, semakin banyak Anda mengalami dehidrasi. Ini karena alkohol bersifat diuretik.

Apa yang terjadi jika Anda mengalami dehidrasi? Anda mungkin akan mengalami kabut otak dan memiliki lebih sedikit energi. Tidak hanya itu, ketika seseorang mengalami dehidrasi, reaksi biokimia yang terjadi saat memecah karbohidrat dan lemak untuk energi melambat. Akibatnya, Anda tidak mendapatkan energi  secepat yang Anda inginkan.

Sederhananya, ketika Anda berhenti minum alkohol dan menggantinya dengan sesuatu yang benar-benar menghidrasi, otak Anda bekerja lebih baik.

3. Usus berfungsi dengan baik

Alkohol dapat mengiritasi setiap jaringan dalam tubuh termasuk usus. Ahli gastroenterologi Niket Sonpal, menjelaskan bahwa alkohol dapat merusak lapisan dinding usus, membuatnya lebih sulit untuk menyerap nutrisi tertentu sekaligus membunuh bakteri baik dan jahat. 

Selain itu, bakteri jahat cenderung tumbuh lebih banyak sehingga pada akhirnya  mikrobioma di usus menjadi tidak seimbang.

Ini menjadi masalah besar karena usus memengaruhi setiap bagian kesehatan, termasuk seberapa baik fungsi sistem kekebalan, kesehatan otak dan energi. 

Bukti yang terkumpul menunjukkan bahwa mikrobiota usus memainkan peran penting dalam penyimpanan dan pengeluaran energi yang diperoleh dari makanan, menurut artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition In Clinical Practice

Mengurangi alkohol akan membantu menjaga kesehatan usus, yang pada gilirannya dapat membuat perasaan lebih berenergi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

liver minuman beralkohol
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top