Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenali Gejala, Risiko Infeksi, dan Perawatan HPV Pada Pria

HPV pada pria dan wanita jarang menunjukkan gejala. Kutil kelamin adalah gejala pertama yang mungkin Anda lihat dengan jenis HPV risiko rendah.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 13 Desember 2021  |  19:40 WIB
Beberapa jenis HPV yang terkait dengan kanker genital dapat menyebabkan kanker anus atau penis pada pria. Kedua jenis kanker ini jarang terjadi, terutama pada pria dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat.  - Istimewa
Beberapa jenis HPV yang terkait dengan kanker genital dapat menyebabkan kanker anus atau penis pada pria. Kedua jenis kanker ini jarang terjadi, terutama pada pria dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – HPV (human papillomavirus) sebagian besar berpusat pada wanita karena memiliki risiko tinggi terkena kanker serviks. Nyatanya, HPV pada pria juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Penting bagi pria untuk memahami cara mengurangi risiko infeksi HPV.

Infeksi HPV dapat meningkatkan risiko pria terkena kanker genital. HPV juga dapat menyebabkan kutil kelamin pada pria, sama seperti pada wanita.

Risiko Infeksi HPV pada Pria

Melansir dari WebMD, Senin (13/12/2021) beberapa jenis HPV yang terkait dengan kanker genital dapat menyebabkan kanker anus atau penis pada pria. Kedua jenis kanker ini jarang terjadi, terutama pada pria dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat. The American Cancer Society (ACS) memperkirakan bahwa pada 2020, sekitar 2.200 pria di AS akan didiagnosis menderita kanker penis dan 2.690 pria akan didiagnosis menderita kanker dubur.

Risiko kanker dubur sekitar 17 kali lebih tinggi pada pria gay dan biseksual yang aktif secara seksual dibandingkan pria yang berhubungan seks hanya dengan wanita. Pria yang memiliki HIV (Human Immunodeficiency Virus) juga berisiko lebih tinggi terkena kanker ini.

Sebagian besar kanker yang ditemukan di bagian belakang tenggorokan, termasuk di dasar lidah dan di amandel, terkait dengan HPV. Faktanya, ini adalah kanker terkait HPV yang paling umum ditemukan pada pria. Lebih dari 13.000 kasus baru didiagnosis pada pria setiap tahun.

Gejala HPV pada Pria

HPV pada pria dan wanita jarang menunjukkan gejala. Kutil kelamin adalah gejala pertama yang mungkin Anda lihat dengan jenis HPV risiko rendah yang menyebabkan kutil tetapi bukan kanker.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hiv/aids pria alat kelamin HPV (human papillomavirus)
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top