Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Manfaat Seledri untuk Kesehatan Tubuh, Bukan Sekadar Bumbu Sayur Sop

Berikut 5 manfaat seledri untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Bukan sekadar bumbu sayur sop, lho!
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Desember 2021  |  21:51 WIB
Ilustrasi seledri - istimewa
Ilustrasi seledri - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Anda tentu tidak asing lagi dengan seledri. Ya, seledri biasanya digunakan untuk bumbu makanan berkuah seperti bakso, soto, serta sayur sop. Ternyata, ada 5 manfaat seledri untuk kesehatan tubuh. 

Seledri memiliki nama latin Apium graveolens. Dilansir dari diskapang.ntbprov.go.id, tanaman ini dapat dimanfaatkan seluruh bagiannya, mulai dari daun, biji dan ekstrak minyaknya dapat digunakan sebagai obat. 

Lebih lanjut, seledri mengandung fitokimia dan antioksidan. Bukan itu saja, seledri juga mengandung nutrisi dan vitamin lain. Tak heran, tanaman berwarna hijau dengan bau yang khas ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Berikut 5 manfaat seledri untuk kesehatan tubuh seperti dilansir dari Tempo.co. Bukan sekadar bumbu sayur sop, lho!

1. Turunkan berat badan

Selain dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, jus seledri juga dapat menurunkan berat badan. Kandungan kalori dalam setengah liter jus seledri hanya mengandung 85 kalori saja. Dengan jus batang seledri yang segar, Anda dapat menjadikannya minuman sehat saat diet.

2. Kesehatan jantung

Dikutip dari ners.unair.ac.id, batang seledri dapat menurunkan hormon stres sehingga tekanan darah turun. Kandungan 3-N-butylphthalide juga dapat menurunkan kolesterol jahat. Untuk mengkonsumsinya Anda dapat membuat seledri menjadi jus atau mengekstraksi menjadi minyak. 

3. Cegah batu ginjal

Mengutip dari Unpad.ac.id, minuman herbal berbahan dasar seledri dapat melarutkan batu ginjal. Ekstrak dari seledri juga dapat menjaga kesehatan ginjal. Selain itu seledri juga dapat memperlancar buang air kecil dan menghilangkan gejala kencing darah pada penderita batu ginja. 

Batu ginjal yang larut dikeluarkan melalui batu ginjal. Kandungan flavonoid yang menjadikan seledri baik untuk kesehatan ginjal.

4. Jaga imunitas

Antioksidan yang tinggi dalam seledri dapat menangkal radikal bebas sehingga dapat mengurangi perkembangan penyakit dalam tubuh. Dilansir dari medicalnewstoday.com, seledri juga mengandung anti inflamasi atau anti-radang. 

Kandungan apigenin yang ada selain dapat mengurangi peradangan juga mengembalikan kekebalan tubuh. Seledri juga mengandung vitamin K, A, C, folat, dan kalium yang bermanfaat bagi tubuh.

5. Kurangi risiko kanker

Tanaman berwarna hijau yang biasanya hanya menjadi pelengkap makanan ini ternyata memiliki zat antikanker. Dikutip dari medicalnewstoday.com, kandungan luteolin dalam seledri memiliki sifat anti-kanker yang dapat mencegah penyebaran sel kanker. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan penyakit jantung tips sehat berat badan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top