Ilustrasi gejala varian Omicron tenggorokan gatal/Freepik
Health

Mengenal Gejala Virus Corona Omicron dan Cara Mencegahnya 

Tresia
Senin, 3 Januari 2022 - 13:52
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta - Virus Corona menyebar dengan sangat cepat ke seluruh negara dan diperparah dengan adanya kemunculan varian-varian Covid-19 terbaru.

Para ahli kesehatan yang melakukan penelitian percaya bahwa virus corona kemungkinan berasal dari kelelawar atau trenggiling. Selain itu, penelitian lainnya juga menduga bahwa aktivitas yang dilakukan masyarakat di pasar makanan laut dan hewan di Wuhan, China adalah awal mula virus Corona mulai menyebar ke manusia.

Namun, masih belum jelas terkait bagaimana virus pertama kali menyebar ke manusia. menurut informasi, penularan virus korona ke manusia pertama kali terjadi di Wuhan, Hubei China pada Desember 2019. Sejak itu, virus sebagian besar menyebar melalui kontak orang ke orang.

Melansir dari Medical News Today, Senin, (3/1/2022), sekitar 80 persen jiwa dilaporkan sembuh dari  Covid-19 tanpa perawatan spesialis. Diketahui, orang-orang yang pulih ini hanya mengalami gejala ringan seperti flu dan tidak sampai mengalami kesulitan dalam bernapas sehingga mereka dapat sembuh tanpa pengawasan khusus dari dokter.

SARS-CoV-2 (Virus Corona) menyebar di tempat yang ramai, bila ada orang yang terinfeksi Covid-19 bernafas atau batuk, mengeluarkan cairan yang mengandung virus.

Tetesan cairan yang keluar dari rongga mulutnya ini dapat masuk ke mulut atau hidung orang disekitarnya sehingga terjadi infeksi.

Cara paling umum penyebaran penyakit ini adalah melalui kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi Covid-19. Namun ada kemungkinan seseorang tanpa gejala dapat menyebarkan virus.

Hal itu, diketahui dari sebuah studi baru yang  menunjukkan bahwa 10 persen infeksi berasal dari orang yang tidak menunjukkan gejala. Gejala umum yang dapat ditimbulkan virus Corona antara lain adalah : 

  • demam
  • sesak napas
  • batuk
  • sakit tenggorokan
  • sakit kepala
  • nyeri otot
  • panas dingin
  • kehilangan rasa atau bau baru
  • Gejala-gejala ini bisa terjadi 2–14 hari

Adapun sejumlah upaya yang bisa dilakukan untuk tetap waspada dalam menghadapi virus Corona, yakni dengan melakukan anjuran sebagai berikut.

1. Memakai masker, selalu taat memakai masker di luar maupun di dalam ruangan. Karena virus Corona dapat masuk melalui saluran pernapasan

2. Mencuci tangan, rutin mencuci tangan dengan sabun sebelum atau setelah melakukan aktivitas sangat dianjurkan, karena virus dapat menempel pada benda-benda yang tersentuh tangan. 

3. Menjaga jarak 1-2 meter, menjaga jarak dari orang lain sangat penting dilakukan agar dapat memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19

4. Konsumsi makanan bergizi dan vaksinasi lengkap Covid-19, agar sistem imunitas tubuh tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Tresia
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro