Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Camilan Sehat Jaga Tubuh Tetap Semangat Sepanjang Hari

Berikut lima rekomendasi camilan sehat dan bergizi pengganti camilan manis.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 04 Januari 2022  |  03:07 WIB
Ilustrasi - Authoritynutrition
Ilustrasi - Authoritynutrition

Bisnis.com, JAKARTA - Biasanya saat mulai merasa lelah dan mengantuk, kita cenderung mengambil camilan manis untuk mengembalikan energi Anda dengan cepat. Meskipun mereka dapat dengan cepat mengembalikan energi Anda, sayangnya camilan manis hanya membuat kadar gula Anda melonjak sesaat, kemudian turun dan membuat Anda bahkan lebih mengantuk dan lelah dari sebelumnya.

Daripada memilih camilan manis, ada camilan sehat dan begizi yang bisa Anda pilih. Tentunya, camilan ini bisa Anda makan di antara waktu makan tanpa perlu mengambil risiko menurunnya energi di pagi atau sore hari.

Melansir News Chain, Senin (3/1/2021), berikut lima rekomendasi camilan sehat dan bergizi pengganti camilan manis.

1. Telur rebus

Ahli gizi holistik berkualifikasi Alison Cowell mengatakan, telur rebus cepat dibuat, mudah dimakan dan dapat memberikan dorongan energi yang instan. Telur rebus tinggi vitamin A dan antioksidan, lutein dan zeaxanthin, yang juga memiliki sifat anti-inflamasi serta memberikan "persentase yang layak dari asupan vitamin D Anda," kata Cowell.

2. Popcorn

Popcorn yang dimaksud adalah popcorn buatan sendiri, bukan popcorn olahan yang dilapisi dengan karamel asin, lemak atau perasa buatan lainnya. Cowel menjelaskan, popcorn yang dibuat sendiri tinggi serat dan Anda akan mendapatkan berbagai nutrisi, termasuk magnesium, zinc, zat besi dan vitamin B.

3. Kacang

Sarah Brewer, yang bekerja dengan sebuah merek makanan mengatakan, kacang bisa menjadi alternatif yang baik untuk menggantikan biskuit atau kue manis lainnya.

"Kandungan protein dan serat yang tinggi menjadikannya camilan yang memuaskan dan mengandung nutrisi seperti vitamin E, kalium dan magnesium. Kacang juga menyediakan protein, asam lemak esensial, dan elemen penting seperti selenium," jelas Brewer.

Namun perlu diingat agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan dan tidak lebih dari 40 gram.

4. Alpukat

Otak kita membutuhkan pasokan lemak tak jenuh agar tetap sehat dan waspada. Kurangnya lemak tak jenuh dalam makanan kita dapat menyebabkan kesehatan mental dan fisik yang buruk. Karena itu, alpukat dapat dijadikan pilihan sebagai sumber lemak tak jenuh.

Setengah porsi alpukat yang sudah dibumbui dan diambil dari kulitnya menyediakan kandungan protein tertinggi bila dibandingkan dengan buah lainnya. Selain itu, mereka merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan memiliki indeks glikemik rendah.

5. Sauerkraut

Sauerkraut merupakan menu khas Jerman yang terbuat dari kubis mentah yang difermentasi. Cowell mengatakan, sauerkraut menawarkan banyak manfaat kesehatan, terutama untuk bakteri usus yang sehat. Anda bisa membuatnya sendiri, namun bila Anda terlalu malas untuk membuatnya, Anda bisa membelinya di supermarket terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat cemilan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top