Ilustrasi/Hercampus
Relationship

6 Kebiasaan Buruk yang Merusak Persahabatan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 9 Januari 2022 - 14:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah hubungan persahabatan Anda putus karena satu dan hal?

Sering kali secara tidak sengaja, yang mungkin tidak tampak seperti masalah besar, tetapi dapat merusak persahabatan Anda.

Di bawah ini, perilaku buruk yang harus diwaspadai yang bisa merusak persahabatan dan apa yang harus dilakukan, seperti dilansir dari Eat This.

1. Anda memberikan saran yang tidak diminta ketika teman Anda hanya ingin curhat

Ketika seorang teman menghadapi masalah katakan ketidaksetujuan dengan pasangannya atau merasa pekerjaan tidak dihargai — terkadang mereka hanya ingin telinga yang mendengar. Meskipun maksud Anda baik, memberikan nasihat ketika mereka ingin curhat dapat menjadi bumerang dan menyebabkan lebih banyak frustrasi.

Sebelum Anda memberi tahu mereka cara memperbaiki masalah mereka, tanyakan langsung kepada mereka: Apakah Anda ingin pendapat saya di sini?

2. Tidak Perhatian tentang kehidupan mereka

Teman Anda sering mengunjungi Anda untuk melihat bagaimana pekerjaan baru Anda berjalan, apakah kecemasan Anda baik-baik saja akhir-akhir ini dan apa yang terjadi dengan keluarga Anda. Anda mengisinya tetapi jarang memberikan cukup waktu dalam percakapan untuk menanyakan kabarnya.

Untuk mengatasinya, mulailah membuat komitmen untuk menghubungi teman Anda dan menanyakan kabar mereka, terutama bagaiaman perasaan dan mental mereka saat ini.

3. Anda menghindari konfrontasi dengan segala cara

Bahkan persahabatan yang paling halus pun terkadang menemui jalan buntu. Pada titik tertentu, teman Anda akan mengatakan sesuatu yang menyakiti perasaan Anda atau melakukan sesuatu yang membuat Anda kesal. Ketika itu terjadi, apakah Anda memberi tahu orang ini apa yang mengganggu Anda? Atau apakah Anda mengeluh tentang hal itu kepada teman-teman Anda yang lain?

Konfrontasi mungkin terasa tegang atau tidak nyaman pada saat itu, tetapi itu tidak harus berubah menjadi adu mulut. Diskusi yang jujur ini sangat penting untuk kesehatan jangka panjang dan kedekatan hubungan. Plus, menahan emosi Anda hanya bekerja begitu lama — perasaan menjijikkan itu pasti akan merembes keluar dengan satu atau lain cara.

4. Anda memaksakan harapan yang Anda miliki untuk diri sendiri kepada teman Anda

Anda mungkin memiliki banyak kesamaan dengan teman-teman Anda, tetapi itu tidak berarti Anda akan selalu bertemu langsung. Anda memiliki preferensi, prioritas, dan sudut pandang yang berbeda dan itu sangat sehat. Tahan godaan untuk memberi tahu teman Anda cara menjalani hidup berdasarkan apa yang akan Anda lakukan.

Namun, jika Anda takut teman Anda membuat keputusan yang dapat membahayakan secara sah, tidak apa-apa untuk menyuarakan keprihatinan Anda.

5. Anda menjadi kompetitif 

Hidup benar-benar telah memperlakukan teman Anda dengan baik akhir-akhir ini: Mereka mendapat promosi di tempat kerja, melunasi sebagian besar pinjaman pelajar mereka dan pergi berlibur tropis yang layak untuk Insta untuk boot. Anda ingin bahagia atas kesuksesan mereka, tetapi di dalam hati Anda dipenuhi rasa iri dan itu mulai terlihat.

Ketika teman Anda menyebutkan peran baru mereka atau berbicara tentang perjalanan, Anda tidak dapat menahan diri untuk tidak menyombongkan diri tentang bagaimana Anda berada di jalur yang tepat untuk mendapatkan kenaikan gaji yang besar juga, atau menceritakan tentang akomodasi mewah pada liburan terakhir Anda. telah mengambil.

Kecemburuan dapat mengubah sebagian dari kita menjadi satu-atas dan puncak cerita dan itu bukan tampilan yang bagus.

6. Anda selalu menunggu giliran untuk berbicara dan tidak benar-benar mendengarkan

Apakah Anda memikirkan apa yang ingin Anda bicarakan ketika Anda seharusnya mendengarkan apa yang sebenarnya dikatakan teman Anda? Maka Anda mungkin perlu mempertajam keterampilan mendengarkan aktif Anda.

Jika mereka tidak merasa didengarkan, itu mungkin membuat mereka cenderung tidak terbuka kepada Anda di masa depan. Untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan aktif Anda, tetap hadir (daripada merumuskan tanggapan Anda di kepala Anda), menahan interupsi, meringkas apa yang telah dikatakan dan menunjukkan minat dengan mengajukan pertanyaan lanjutan.

Bahasa tubuh juga merupakan bagian penting dari mendengarkan secara aktif. Berbaliklah ke arah teman Anda saat mereka berbicara, lakukan kontak mata dan sesekali mengangguk.

I

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro