Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siap Hamil 2022, Ini 16 Nutrisi yang Diperlukan

Ada 16 nutrisi penting dari makanan yang wajib dikonsumsi, jika ingin cepat hamil pada tahun ini, 2022.
1

Susu, Multivitamin, Zat Besi, Kurangi Kafein, dan Lebih Aktif Olahraga

Pasangan suami istri wajib mengonsumsi beberapa makanan sehat, agar perempuan lebih cepat hamil. - ilustrasi
Pasangan suami istri wajib mengonsumsi beberapa makanan sehat, agar perempuan lebih cepat hamil. - ilustrasi

8. Pilih susu tinggi lemak

Asupan tinggi susu rendah lemak dapat meningkatkan risiko infertilitas, sedangkan susu tinggi lemak dapat menguranginya.

Berdasarkan penelitian, wanita yang mengonsumsi satu atau lebih porsi susu tinggi lemak per hari memiliki 27 persen kemungkinan lebih kecil untuk tidak subur.

Cobalah mengganti satu porsi susu rendah lemak per hari dengan satu porsi susu tinggi lemak, seperti segelas susu murni atau yoghurt penuh lemak.

9. Tambahkan multivitamin

Bagi wanita yang mencoba untuk hamil, multivitamin yang mengandung folat mungkin sangat bermanfaat.

Bicarakanlah dengan dokter Anda tentang suplemen termasuk multivitamin yang dapat membantu Anda lebih dekat dengan kehamilan.

10. Menjadi lebih aktif

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda, termasuk peningkatan kesuburan. Meningkatkan aktivitas fisik moderat memiliki efek positif pada kesuburan bagi wanita dan pria, terutama mereka yang mengalami obesitas.

Sementara itu, latihan dengan intensitas tinggi yang berlebihan telah dikaitkan dengan penurunan kesuburan pada wanita tertentu.

Olahraga yang berlebihan dapat mengubah keseimbangan energi dalam tubuh, dan berdampak negatif pada sistem reproduksi Anda. Jika Anda berencana untuk meningkatkan aktivitas Anda.

11. Luangkan waktu untuk bersantai

Jika Anda mencoba untuk hamil, Anda mungkin juga mengalami stres. Ketika tingkat stres meningkat, peluang untuk hamil menurun. Hal ini mungkin disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi ketika Anda merasa stres.

Menerima dukungan dan konseling dapat mengurangi tingkat kecemasan dan depresi, dan meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Jangan lupa untuk meluangkan waktu bagi diri Anda sendiri. Relaks moms!

12. Kurangi kafein

Meskipun tidak terlalu berpengaruh, berdasarkan penelitian, wanita yang mengonsumsi lebih dari 500 miligram kafein setiap hari membutuhkan waktu hingga 9 1/2 bulan lebih lama untuk hamil.

Pertimbangkan untuk membatasi asupan kafein Anda satu atau dua cangkir kopi per hari berada di sisi yang aman.

13. Tujukan untuk berat badan yang sehat

Berat badan adalah salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam hal kesuburan bagi pria dan wanita. Bahkan, kekurangan berat badan atau kelebihan berat badan dikaitkan dengan peningkatan infertilitas.

Hal ini karena jumlah lemak yang tersimpan dalam tubuh Anda mempengaruhi fungsi menstruasi. Memiliki obesitas terutama dikaitkan dengan kurangnya ovulasi dan ketidakteraturan menstruasi tetapi juga dengan gangguan perkembangan telur.

14. Periksa tingkat zat besi

Sudah waktunya untuk mulai memompa zat besi. Mengonsumsi suplemen zat besi dan zat besi non-heme, yang berasal dari makanan nabati, dapat mengurangi risiko infertilitas ovulasi.

Sumber zat besi non-heme lebih sulit diserap tubuh Anda, jadi cobalah meminumnya dengan makanan atau minuman tinggi vitamin C untuk meningkatkan penyerapan.

15. Hindari kelebihan alkohol

Konsumsi alkohol dapat berdampak negatif terhadap kesuburan. Satu studi menemukan bahwa memiliki lebih dari 14 minuman beralkohol per minggu berkaitan dengan waktu yang lebih lama untuk hamil. Pada akhirnya, lebih baik hindari konsumsi alkohol. 

16. Suplemen alami

Suplemen alami tertentu telah dikaitkan dengan peningkatan kesuburan, terutama dalam penelitian pada hewan. Selalu periksa dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen alami sebagai kemanjuran pada manusia belum dipelajari dengan baik.

Contohnya meliputi:

-Maca: Maca berasal dari tanaman yang ditanam di Peru tengah. Beberapa penelitian pada hewan menemukan itu meningkatkan kesuburan, tetapi hasil dari penelitian manusia beragam. Beberapa laporan perbaikan kualitas sperma, sementara yang lain tidak menemukan.

-Bee pollen: Bee pollen telah dikaitkan dengan peningkatan kekebalan, kesuburan, dan nutrisi secara keseluruhan. Satu studi hewan menemukan bahwa mengkonsumsi serbuk sari lebah dikaitkan dengan peningkatan kualitas sperma dan kesuburan pria. Namun, penelitian pada manusia masih diperlukan.

-Bee propolis: Sebuah studi tentang wanita dengan endometriosis menemukan bahwa mengambil propolis lebah dua kali sehari menghasilkan kemungkinan 40 persen lebih besar untuk hamil setelah 9 bulan.

-Royal jelly, yang juga dibuat oleh lebah, dikemas dengan asam amino, lipid, gula, vitamin, asam lemak, zat besi, dan kalsium. Penelitian pada hewan menemukan itu dapat meningkatkan kesehatan reproduksi pada tikus.

Nutrisi yang baik sangat penting untuk kesehatan tubuh dan sistem reproduksi dan untuk membantu Anda hamil.

Jika Anda mencoba untuk hamil, penting bagi Anda untuk mulai membuat pilihan nutrisi dan gaya hidup sehat hari ini. Tapi jangan biarkan stres dan kekhawatiran membuat Anda kecewa. Bicaralah dengan tim kesehatan Anda untuk menemukan pilihan terbaik untuk Anda.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan nutrisi hamil ibu hamil
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top