Ilustrasi/Lennoncenter
Health

Ini 5 Efek Samping Kecemasan Terhadap Tubuh Anda, Apa Saja?

Ni Luh Anggela
Kamis, 20 Januari 2022 - 17:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gangguan kecemasan merupakan kondisi dimana rasa cemas atau khawatir muncul secara berlebihan dan tidak terkendali, dimana penderita bahkan tidak bisa menjelaskan mengapa dirinya cemas dan khawatir berlebihan.

Kecemasan ini dapat menyerang siapa saja dan menimbulkan rasa tidak nyaman karena aktivitas sehari-hari akan ikut terpengaruh. Tidak hanya itu, terkadang penampilan Anda juga akan ikut terpengaruh, misalnya, wajah Anda nampak kusut dan mata Anda menjadi kurang bercahaya.

Jimmy K. Santosa, seorang hipnoterapis mengatakan, kondisi seperti wajah kusut dan mata yang kurang bercahaya sangat wajar saat Anda mengalami cemas.

“Stres dengan apa yang kamu alami kan buat kamu jadi mikir, makanya wajahmu jadi kurang cerah. Orang normal juga akan seperti ini kok kalau kebanyakan mikir,” kata Jimmy, mengutip akun Instagramnya, Kamis (20/1/2022).

Akan tetapi kecemasan tidak hanya berpengaruh terhadap wajah dan mata Anda. Ini juga bisa berdampak pada bagian tubuh lainnya. Kira-kira apa saja?

1. Rambut rontok

Sebetulnya, rambut rontok tidak secara langsung disebabkan oleh kecemasan, melainkan stress yang disebabkan oleh aktivitas yang terganggu karena kecemasan.

“Yang engga alami rambut rontok engga usah mikir wah rambutku akan rontok ya... Jangan sugesti yang tidak-tidak,” kata Jimmy memperingatkan.

2. Berat badan turun

Berat badan yang turun merupakan hal yang normal, karena saat Anda cemas, cadangan energi akan dipakai. Belum lagi jika makanan yang Anda konsumsi tidak bergizi dan tidak ada proteinnya.

3. Lebih sering buang air kecil

Sering buang air kecil merupakan hal yang umum terjadi, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir. Semakin Anda menghitung berapa banyak Anda buang air kecil hari ini, maka Anda akan semakin cemas dan tegang. Daripada sibuk menghitung, lebih baik kendalikan pikiran Anda agar lebih tenang. Saat Anda sudah kembali tenang, maka frekuensi buang air kecil akan kembali normal.

4. Mudah capek dan lelah

Pada orang normal yang stress, mereka juga sering mengalami hal ini. Apalagi, bila Anda memiliki gangguan kecemasan dan sering memikirkan hal buruk, maka ini akan berpengaruh pada fisik Anda.

“Tapi, kamu boleh lho untuk capek, jangan rasa capek buat kamu jadi cemas,” katanya.

5. Wajah jadi kebas atau kesemutan

Terkadang, beberapa orang merasa wajahnya seperti kebas atau kesemutan. Bila sudah begitu, orang-orang seringkali mengaitkannya dengan stroke. Padahal, itu bukan berarti tanda bahwa Anda mengalami stroke. Ini bisa saja disebabkan oleh rasa cemas Anda. Jadi, Anda tidak perlu parno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro