Heartfelt mengeksplorasi seperti apa kehadiran selama masa pandemi, dan berusaha membantu mengatasi kecemasan dan tekanan emosional karena terisolasi. /Lexus
Relationship

5 Hal yang Dapat Memicu Kecemasan

Novita Sari Simamora
Kamis, 20 Januari 2022 - 08:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat sedang duduk sendiri maka perasaan sedih dan gelombang emosi bisa tiba-tiba saja melanda Anda. Ingatlah, semua orang yang pernah merasa cemas.

Dari perubahan suasana hati hingga serangan panik, kecemasan juga dapat memicu banyak komplikasi lain. Kecemasan disebabkan oleh beberapa hal. Simak 5 hal yang bisa memicu kecemasan:

1. Situasi yang menegangkan

Pemicu kecemasan yang paling umum adalah situasi stres. Disadari atau tidak, stres dan ketegangan memicu kecemasan. Jadi, jika Anda mengkhawatirkan sesuatu selama berhari-hari, kemungkinan besar Anda akan mengalami serangan kecemasan lebih cepat daripada nanti.

2. Kafein berlebih

Ini beberapa berita buruk untuk semua pecinta kopi. Kafein yang berlebihan dapat memicu kecemasan. Jadi, jika Anda selalu berada di samping secangkir kopi yang mengepul, sangat penting bagi Anda untuk membatasi atau, setidaknya, mengurangi asupannya. Jika Anda menginginkan sesuatu untuk diminum, beralihlah ke alternatif yang lebih sehat seperti jus segar atau limun.

3. Produktivitas rendah

Percaya atau tidak, pecandu kerja cenderung mengalami serangan kecemasan pada hari-hari ketika mereka melihat produktivitas rendah. Tidak salah jika dikatakan bahwa keduanya saling terkait.

Kecemasan dapat mengakibatkan rendahnya produktivitas, dan pada saat yang sama, dalam beberapa hal, produktivitas yang rendah dapat memicu kecemasan.

4. Marah

Jika Anda merasa gelisah, ada kemungkinan besar Anda menderita kecemasan dan serangan panik di kemudian hari. Jadi, jika kecemasan adalah sesuatu yang sangat mengganggu Anda, Anda mungkin sebaiknya mengendalikan kemarahan.

5. Pola tidur tidak teratur

Jika Anda sering menatap layar handphone sepanjang malam, lalu mengganti waktu tidur yang hilang keesokan harinya, itu bisa memicu kecemasan Anda dengan cara yang sulit. Ingatlah, pola tidur yang sehat bisa membuat tubuh dan mental tetap stabil dan terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro