Mengingat/newscientist
Relationship

Sering Sulit Mengingat Nama dan Wajah Orang Lain ? Ini Lho Alasannya

Ni Luh Anggela
Kamis, 20 Januari 2022 - 12:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pada beberapa orang, mengingat nama dan wajah, terutama orang-orang yang sudah lama tidak dijumpai bisa jadi hal yang sulit. Pernahkah Anda penasaran mengapa hal seperti ini bisa terjadi?

Ternyata, kondisi ini ada kaitannya dengan kualitas tidur Anda.

Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa mendapatkan tidur yang berkualitas mampu meningkatkan kekuatan otak kita, yang pada gilirannya membantu Anda mengingat nama dan wajah dengan lebih mudah.

“Mengaktifkan memori saat tidur, dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengingat wajah dan nama,” menurut teori para peneliti dari Cognitive Neuroscience Program di Northwestern University, melansir Woman’s World, Kamis (20/1/2022).

Untuk menguji teori tersebut, mereka kemudian melibatkan 24 peserta berusia antara 18 dan 31 tahun.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti meminta peserta mempelajari nama dan foto 40 orang dari kelas sejarah Amerika Latin dan 40 lainnya dari kelas sejarah Jepang. Selama proses tersebut, tim peneliti memainkan musik lembut.

Baca Juga 7 Cara Cegah Pikun

Setelah mempelajari 80 nama dan wajah ini, peserta diarahkan untuk tidur siang. Saat mereka mencapai kondisi tidur nyenyak, beberapa nama dan musik lembut dimainkan dengan lembut. Dan saat mereka bangun, kemampuan mereka diuji untuk mengingat nama-nama dan foto orang yang pernah mereka lihat.

Seperti yang diharapkan, para peneliti menemukan bahwa peserta yang ingatannya diaktifkan kembali saat tidur lebih baik dalam mengingat nama dan wajah yang telah mereka pelajari. Akan tetapi, tim peneliti tidak menyadari pentingnya tidur nyenyak untuk proses itu.

Sementara itu, subjek yang mengalami gangguan tidur (dimana beberapa diantara mereka terbangun ketika mendengar nama yang diucapkan), kesulitan untuk menyebutkan nama pada wajah.

Sebaliknya, subjek yang tidur tanpa gangguan lebih mudah mengingat nama-nama itu setelah bangun.

“Kita sudah tahu bahwa beberapa gangguan tidur seperti apnea, dapat merusak memori,” jelas Nathan Whitmore penulis utama studi dalam sebuah pernyataan.

Ini menunjukkan bahwa tidur membantu Anda mengisi ulang otak Anda, sehingga Anda dapat tetap waspada di siang hari. Sedangkan, jika Anda tidak bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik, ini akan membuat Anda mengalami kesulitan untuk fokus dan menerima informasi penting seperti nama seseorang.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dengan memperbaiki pola tidur Anda saja, ini sudah dapat membantu otak Anda untuk fokus dan mudah menerima informasi yang diberikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro