Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia./fk.ui.ac.id
Relationship

9 Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Potensi Diri, Agar Tidak Salah Jurusan 

Tresia
Jumat, 21 Januari 2022 - 12:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memilih jurusan saat akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi memang gampang-gampang susah, ada banyak yang harus dipertimbangkan Agar tidak menyesal saat menjalaninya karena merasa salah jurusan. 

 Nah, agar kamu tidak salah langkah simak 9 tips sederhana yang bisa kamu perhatikan sebelum memilih jurusan kuliah seperti dilansir dari channel YouTube SBMPTN & SNMPTN, Jumat (21/1/2022). 

  1. Menyesuaikan dengan keinginan

Kunci awal menjadi seorang yang sukses adalah memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan. Kamu wajib mengetahui lebih dulu minat dan passion Kamu agar tidak salah memilih jurusan. Misalnya, kamu memiliki ketertarikan kuat pada cabang dunia sains atau IPA. Maka kamu bisa memilih jurusan kedokteran, biologi, kimia dan lainnya. 

  1. Motivasi diri

Banyak mahasiswa/i yang berhenti kuliah dengan alasan mereka lelah atau merasa tidak mampu menyelesaikannya. Sehingga, penting sekali memiliki motivasi pada diri. Agar hal-hal seperti itu tidak dapat melemahkan semangat kamu hingga berhasil lulus kuliah. 

  1. Melihat potensi

Apabila kamu ingin menjadi seorang dokter, namun tidak memiliki kemampuan yang mumpuni pada pelajaran IPA. Tentu akan menyulitkan langkahmu kedepannya, sebaiknya lihat potensi pada diri sebelum menentukan jurusan mana yang sesuai dengan potensi kamu.

  1. Menyesuaikan kepribadian

Kepribadian seseorang menentukan karir yang sesuai nantinya, misalnya kamu ingin menjadi jurnalis tentu dibutuhkan kemampuan menggali informasi dan kecakapan komunikasi.

Untuk tipikal orang yang pendiam, sangat tidak cocok dengan karir seperti ini. Nah, memilih jurusan pun. Baiknya menyesuaikan dengan kepribadian ya agar kamu tidak merasa terbebani saat menjalaninya. 

  1. Jangan mengikuti orang lain

Memilih jurusan karena mengikuti teman, sangat tidak disarankan bagi kamu yang ingin sukses kuliah. Jadi, kamu harus memilih atas pilihan pribadi. Bukan sekedar mengikuti jejak orang lain, sebab hal itu akan berdampak buruk dikemudian hari. 

  1. Prospek kerja

Pastikan kamu memilih gambaran karir cemerlang nantinya, sebelum memilih jurusan. Misalnya kamu memilih jurusan akuntansi, karir di perkantoran atau bank sangat ideal untukmu nanti. Untuk pilihan jurusan lain pun, harus memiliki prospek kerja masa depan.

  1. Latar belakang lulusan

Tak ada salahnya jika kamu mencari tahu latar belakang pada jurusan,selain mempengaruhi karir, latar belakang jurusan juga dapat memberikan pertimbangan yang lebih matang. Kamu bisa berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman pada jurusan tersebut. 

  1. Akreditasi jurusan

Jika kamu sedang berniat untuk kuliah di perguruan tinggi, cek kembali jurusan akreditasi tersebut khususnya perguruan tinggi swasta. Akreditasi bisa memberikan indikasi bahwa jurusan tersebut memiliki kredibilitas terpercaya, Akreditasi juga dapat mempengaruhi proses lamaran kerja atau melanjutkan pendidikan lanjutan.

  1. Biaya kuliah 

Memilih jurusan memang membutuhkan pertimbangan yang matang termasuk biaya,  tentu sebelum melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, kamu harus mempertimbangkan kemampuan orangtua dan finansial yang mendukung hingga program pendidikan berakhir. Ingat, bahwa biaya pendidikan di Universitas membutuhkan waktu yang lebih lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Tresia
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro