Ilustrasi perempuan mengonsumsi sayuran untuk mengurangi perut buncit/Freepik
Health

5 Makanan Tinggi Serat Larut yang Bisa Kecilkan Perut Buncit

Alifian Asmaaysi
Rabu, 26 Januari 2022 - 14:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hormon seperti insulin dan kortisol mempengaruhi nafsu makan dan stres yang menghambat progres hidup sehat Anda. Ketika nafsu makan meningkat, Anda bisa mendapati perut buncit atau kembung.

Anda mungkin mengalami kembung setelah makan asin, perubahan asupan air, tingkat stres yang tinggi, atau saat bepergian. Kembung cenderung membuat kita merasa sedikit kurang percaya diri karena menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan dapat menimbulkan kesan perut buncit.

Mengonsumsi serat larut merupakan salah satu cara termudah untuk membantu memperlancar masalah pencernaan. Kebutuhan serat yang cukup akan membantu menjaga pencernaan Anda tetap teratur serta dapat mengeluarkan racun, kolesterol, dan kelebihan limbah yang perlu dikeluarkan dari sistem metabolisme.

Awalnya, meningkatkan makanan berserat tinggi dapat menambah rasa tidak nyamanan pada pencernaan terutama jika sistem pencernaan Anda tidak terbiasa dengan jumlah serat dari makanan ini. Seiring berjalannya waktu, diet tinggi serat yang konsisten akan mengurangi kembung dan membantu pencernaan Anda tetap teratur.

Berikut 5 makanan sehat tinggi kandungan serat larut yang bisa membantu mengecilkan perut buncit seperti dilansir dari Eat This! Rabu (26/1/2022).

1. Gandum (Oatmeal)

Oatmeal terkenal dengan manfaat kesehatan terhadap jantung, tetapi tak banyak yang tahu bahwa gandum ternyata memiliki serat larut yang baik untuk proses metabolism tubuh Anda.

Satu cangkir oat yang dimasak menghasilkan empat gram serat total dan dua gram serat larut. Itu hampir 15 persen dari tujuan serat harian yang direkomendasikan dari 25 gram serat per hari untuk wanita.

2. Biji chia (Chia Seeds)

Satu porsi yang disajikan hanya dengan dua sendok makan, mengandung hampir 10 gram serat total. Biji chia juga bermanfaat pada kesehatan yang mendukung pencernaan yang sehat karena biji chia cenderung menyerap air di dalam saluran pencernaan dan membantu Anda tetap teratur.

Tak hanya itu, biji chia juga memiliki dosis omega-3 yang cukup tinggi dan menyehatkan jantung. Tips untuk Anda, karena biji chia menyerap cairan, merendamnya dalam air sebelum Anda memakannya dapat membantu pencernaan tetap berjalan lancar.

3. Buah Plum

Tiga buah plum memiliki empat gram serat total dengan lebih dari setengahnya berasal dari serat larut. Plum sangat cocok disandingkan sebagai toping camilan ringan dan cocok dipasangkan dengan kacang atau keju.

Plum juga bisa memberikan dorongan serat cepat saat ditambahkan ke dalam yogurt, smoothie, atau sereal. Dengan rutin mengkonsumsi buah plum, Anda dapat mengurangi lingkar pinggang.

4. Kacang hitam

Semua jenis kacang dan biji-bijian adalah sumber serat larut yang besar. Satu porsi kacang hitam menyediakan hampir 15 gram serat total dengan sepertiganya berasal dari serat larut.

5. Barley

Barley sendiri masih masuk keluarga gandum. Barley banyak mengandung manfaat, salah satunya memberikan manfaat kesehatan yang serius karena kandungan seratnya yang tinggi.

Satu cangkir barley yang dimasak menghasilkan enam gram serat total selain kandungan beta-glukan penurun kolesterolnya. Memasak barley mirip dengan nasi merah dan dapat dengan cepat ditambahkan ke dalam sup, semur, salad, atau sebagai lauk cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro