Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Buah dan Sayuran Kaya Prebiotik dan Nutrisi untuk Usus Sehat

Berikut daftar buah dan sayuran kaya prebiotik dan nutrisi yang bisa Anda konsumsi, untuk menjaga usus Anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 26 Januari 2022  |  15:10 WIB
Semangka - Istimewa
Semangka - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kesehatan fisik seringkali dikaitkan dengan kesehatan usus, sehingga menjaga usus Anda tetap sehat merupakan pilihan yang tepat. Cara yang tepat untuk menjaga kesehatan usus Anda adalah dengan memastikan probiotik - bakteri baik - berada dalam jumlah yang seimbang.

Untuk memastikannya seimbang di dalam tubuh Anda, Anda membutuhkan prebiotik. Prebiotik merupakan makanan tinggi serat yang berguna dalam pertumbuhan bakteri usus yang sehat.

Sumber prebiotik terbaik bisa Anda jumpai dalam buah-buahan, sayur-sayuran hingga kacang-kacangan.

Melansir Parade, Rabu (26/1/2022), berikut daftar buah dan sayuran kaya prebiotik dan nutrisi yang bisa Anda konsumsi, untuk menjaga usus Anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

1. Asparagus

Asparagus memiliki lebih banyak serat prebiotik saat mentah. Akan tetapi, banyak orang yang kurang suka dengan asparagus mentah sehingga memakannya dengan cara direbus setengah matang bisa menjadi solusi. Anda bisa menambahkan beberapa bahan seperti wortel dan seledri ke dalam piring asparagus Anda.

2. Bawang putih dan bawang merah

Siapa sangka, bawang putih yang seringkali dijadikan sebagai bumbu dapur ini memiliki nilai serat prebiotik tertinggi saat dimakan mentah. Selain bawang putih, bawang merah juga kaya akan prebiotik dan seringkali bersanding dengan bawang putih.

3. Daun bawang

Selain bawang putih dan bawang merah, daun bawang juga dikemas dengan berbagai nutrisi bermanfaat, termasuk prebiotik. Anda bisa menambahkan daun bawang, bersama dengan bawang putih dan bawang merah ke dalam masakan Anda seperti telur, sayuran, ayam, atau masakan lainnya.

4. Apel

Apel memiliki serat prebiotik dalam bentuk pektin. Serat ini tidak hanya dapat meningkatkan bakteri sehat, tetapi juga membantu mengurangi bakteri jahat di usus. Karena serat ini ada di kulit apel, pastikan untuk memakannya.

5. Semangka

Buah yang kaya akan air ini juga kaya akan prebiotik. Tidak hanya itu, semangka juga menawarkan berbagai nutrisi lain, dan juga rendah kalori dan lemak.

6. Jeruk Bali

Jeruk Bali, yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia ini merupakan sumber prebiotik dan nutrisi lainnya. Tidak hanya itu, jenis buah sitrus terbesar ini juga disebut dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori dan tinggi serat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan buah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top