Ilustrasi/Lennoncenter
Relationship

Jangan Asal Diagnosis, Sedih, Marah Cemas, Tidak Berarti Anda Gangguan Mental

Ni Luh Anggela
Kamis, 27 Januari 2022 - 19:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Merasa mental Anda terganggu? Tenang dulu. Tidak semua kesedihan, kemarahan, kecemasan atau kebingungan adalah gangguan mental lho.

Gangguan mental merupakan kondisi dimana gangguan kesehatan yang memengaruhi pola pikir atau isi pikiran, perasaan, perilaku atau kombinasi diantaranya yang dapat memengaruhi kemampuan seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Dokter Spesialis Kejiwaan Santi Yuliani menjelaskan, misalnya saat Anda marah karena tersinggung terhadap suatu kondisi tapi Anda bisa mengendalikan amarah Anda dan mampu mendiskusikan masalah itu, ini bukan gangguan.

"Tapi, apabila kemudian marahmu menjadi-jadi, berubah menjadi mengamuk dan kamu menjadi tidak punya kontrol terhadap marahmu, itu baru bisa dikategorikan dalam gangguan mental," jelas dr Santi, melansir dari akun Instagram miliknya, Kamis (27/1/2022).

Selain marah, Santi juga mencontohkan saat Anda merasa sedih. Menurutnya, masih wajar dan manusiawi bila Anda menangis dan sedih saat Anda mengalami suatu tragedi atau berada dalam kondisi yang menyedihkan.

Namun, jelasnya, apabila kemudian sedih Anda berkepanjangan, lebih dari dua minggu dan tidak ada kemajuan atau bahkan sampai mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, itu bisa dicurigai mengarah ke gangguan mental.

"Saat kamu merasakan gejala-gejala yang kurang nyaman pada pola pikiran atau isi pikiran, perilaku atau perasaanmu, jangan cocok-cocokan di internet. Semua pasti akan cocok untuk diagnosis apapun," terangnya.

Daripada mendiagnosis diri sendiri, Santi menyarankan untuk melakukan evaluasi mental Anda ke dokter, untuk memastikan apakah Anda mengalami gangguan atau tidak.

"Dengan datang ke dokter, kamu akan mendapatkan informasi lengkap samlak ke tatalaksananya juga. Mencari bantuan adalah salah satu bentuk self care," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro