Dorce Gamalama/Antara
Entertainment

Dorce Minta Dimakamkan Sebagai Perempuan Jika Meninggal, Ini Kata MUI

Indra Gunawan
Senin, 31 Januari 2022 - 13:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis angkat bicara terkait artis senior Dorce Gamalama yang ingin dikuburkan secara perempuan jika kelak meninggal nanti. Menurut Cholil, apa yang diinginkan Dorce tidak dibolehkan dalam Islam.

"Jenazah transgender itu diurus sebagaimana jenis kelamin awal dan asalnya ya," kata Cholil Nafis seperti dilansir dari akun twitternya, Senin (31/1/2022).

Menurutnya, operasi dan mengubah jenis kelamin tidak diakui oleh Islam. Jadi, jenis kelamin transgender sesudah operasi tak diakui.

"Jadi mengubah kelamin itu tak diakui dalam Islam sehingga ia hukumnya tetap seperti jenis kelamin pertama. Laki-laki yang pindah (jadi) perempuan disebut mukhannats dan perempuan yang berubah menjadi laki-laki itu mutarajjil," ujarnya.

Sebelumnya, Dorce dalam obrolan bersama Denny Sumargo menceritakan kesiapan dirinya menanti ajal. Dia mengaku sudah mempersiapkan kain kafan hingga kuburan untuk dirinya.

"Saya udah punya kain kafan sendiri. Saya juga punya kuburan sendiri. Rumah saya di Lubang Buaya itu ada masjid, di sebelah masjid itu nanti tempat pulang saya," cerita Dorce Gamalama di kanal Youtube Denny Sumargo, Minggu (23/1/2022).

Denny Sumargo juga dengan sangat pelan mempertanyakan bagaimana nantinya presenter dan komedian itu akan dimakamkan. Dorce dikenal sebagai transgender.

"Bunda kalau nanti akhirnya berpulang, bunda ingin meninggal sebagai apa?" tanya Denny Sumargo.

"Ya sebagai saya sekarang. Karena setelah saya operasi, saya punya kelamin perempuan, mandikan saya dengan perempuan, sebagai perempuan," jawab Dorce Gamalama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Indra Gunawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro