Oxy meter
Health

Cara Cek Saturasi Oksigen Tanpa Pulse Oxymeter

Ni Luh Anggela
Kamis, 10 Februari 2022 - 11:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kasus Covid-19 di Indonesia kembali naik. Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang positif Covid-19 dan sedang melakukan isolasi mandiri, salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan adalah mengecek saturasi oksigen.

Sebelumnya, Anda perlu tahu bahwa tingkat oksigen dalam tubuh dapat dikatakan normal jika saturasi oksigen (SaO2) berkisar 95 hingga 100 persen, mengutip Halodoc, Kamis (10/2/2022). Sementara, saturasi oksigen dikatakan rendah bila berada di bawah 95 persen. Rendahnya kadar oksigen dalam darah bisa menimbulkan berbagai gejala, termasuk sesak napas, nyeri dada hingga batuk-batuk.

Pada pengidap Covid-19, mereka cenderung mengalami tingkat saturasi oksigen dalam darah yang rendah. Terkadang, kondisi ini tidak menimbulkan gejala atau yang dikenal dengan happy hypoxia yang dapat berakibat fatal bagi pengidapnya. Karena itulah, pengecekan saturasi oksigen dalam darah harus rutin dilakukan bagi pasien Covid-19.

Untuk mengecek saturasi oksigen, Anda bisa menggunakan alat bernama pulse oxymeter yang kini sudah bisa Anda temukan di pasaran.

Akan tetapi, bagaimana jika Anda tidak memiliki alat tersebut disaat melakukan isolasi mandiri?

Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Dian Marta Sari dan Dokter Spesialis THT-Bedah Kepala Leher Muslim Kasim mengatakan, Anda masih bisa memantau saturasi oksigen meskipun tidak memiliki pulse oxymeter.

Mengutip dari akun Instagram mereka, Kamis (10/2/2022), Anda bisa melakukan metode Breath Count Test, dimana ini merupakan cara untuk memperkirakan saturasi oksigen meski tidak memiliki pulse oxymeter di rumah.

Jika Anda bisa menghitung sampai angka 30 secara berurutan dalam 1 kali tarikan napas, artinya saturasi oksigen Anda lebih dari 95 persen atau normal.

Jika Anda hanya bisa menghitung sampai angka 10 secara berurutan dalam 1 kali tarikan napas, artinya saturasi oksigen Anda kurang dari 95 persen.

Sementara, jika Anda hanya mampu menghitung sampai 7 atau kurang dari itu, maka saturasi oksigen Anda kurang dari 90 persen.

"Ingat ya, dalam 1 tarikan napas dalam. Jika kemampuan berhitungnya kurang dari 10, artinya saturasi oksigen kurang dari 95 persen, sudah harus waspada. Kalau berhitungnya hanya sampai 7 atau kurang, maka segera dibawa ke rumah sakit ya untuk mendapatkan pertolongan medis," ungkap mereka.

Selain rutin mengecek saturasi oksigen, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, obat pereda gejala jika diperlukan dan berbagai vitamin dan suplemen ketika isoman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro