Ilustrasi KTP elektronik atau e-KTP/Dirjen Dukcapil Kemendagri
Relationship

Begini Cara Ganti Foto di E-KTP, Tanda Tangan Juga

Newswire
Sabtu, 12 Februari 2022 - 20:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda merasa tidak percaya diri dengan foto di KTP Anda?

Tenang saja, Anda tidak sendiri, karena banyak orang yang merasa malu dengan wajahnya sendiri di KTP yang kadang hasilnya tidak sesuai ekspektasi. 

Tak heran banyak orang ingin mengganti foto maupun tanda tangan mereka. Selain itu, adanya perubahan fisik maupun tanda tangan juga membuat orang ingin mengganti keduanya di E-KTP.

Berikut cara mengganti foto dan tandatangan di E-KTP dengan cara yang cukup mudah.

Cara Mengganti Foto di E-KTP

Dilansir dari Tempo, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh dalam akun TikTok pribadinya mengatakan ada beberapa hal yang dipertimbangkan sehingga seseorang bisa mengganti foto E-KTP. Misalnya, perubahan fisik, yang dulunya tidak berjilbab kini berjilbab, atau ada kerusakan pada foto E-KTP, seperti buram atau terkelupas.

Untuk mengganti foto E-KTP, Anda hanya perlu membawa E-KTP lama dan fotokopi kartu keluarga (KK) ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat. Mudah bukan?

Cara Mengganti Tanda Tangan di E-KTP

Langkah-langkah mengganti tanda tangan di E-KTP dijelaskan dalam Instagram @dukcapilkemendagri, Kamis, 10 Februari 2022. Untuk menggantinya, Anda bisa mendatangi Disdukcapil setempat. Lalu, sampaikan keperluan Anda untuk mengganti tanda tangan di E-KTP.

Tunggu hingga dilayani petugas. Setelah itu, Anda bisa melakukan tanda tangan ulang.

Dukcapil Kemendagri menegaskan tanda tangan di E-KTP bisa diganti jika memang dibutuhkan. Namun, ini membuat Anda harus mengubah tanda tangan pada dokumen-dokumen lain, seperti dokumen perbankan atau asuransi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro