Ilustrasi sakit kepala yang bisa menjadi gejala varian Omicron/mims.com
Health

Hati-hati! 3 Jenis Sakit Kepala Ini Bisa Jadi Gejala Omicron

Feni Freycinetia Fitriani
Rabu, 16 Februari 2022 - 14:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak di antara Anda mungkin sudah mengetahui bahwa gejala Covid-19 varian Omicron mirip dengan flu biasa. Namun, Anda perlu hati-hati karena 3 jenis sakit kepala ini bisa jadi gejala Omicron di tubuh.

Gejala Omicron pada sebagian besar orang yang terinfeksi menyebabkan pilek, sakit tenggorokan, nyeri tubuh, nyeri dada, kelelahan dan sakit kepala.

Meskipun infeksi Omicron terbilang ringan, Anda perlu mengidentifikasinya melalui gejalanya yang dominan untuk mengambil perawatan pada waktu yang tepat dan mengurangi risiko infeksi.

Mengacu pada aplikasi pendeteksi Covid-19 yang berbasis di Inggris, ZOE, sakit kepala adalah salah satu dari lima gejala teratas Omicron. Anda mungkin sering merasakan sakit kepala, namun rasa nyeri yang disebabkan oleh varian Omicron terasa berbeda dari sakit kepala pada umumnya.

Sakit kepala terus menerus merupakan tanda awal varian Omicron dan sering disertai dengan gejala lain seperti pilek, sakit tenggorokan dan kelelahan.

Berikut tiga jenis sakit kepala yang bisa jadi gejala infeksi Omicron seperti dilansir dari Times of India, Rabu (16/2/2022).

1. Sakit Kepala Sedang hingga Berat

Intensitas sakit kepala Anda tergantung pada pemicunya. Sakit kepala ringan jika disebabkan oleh tekanan kerja dan bisa parah jika disebabkan karena migrain.

Dalam kasus infeksi Omicron, sakit kepala sebagian besar sedang hingga parah. Rasanya seperti berdenyut, menekan, atau menusuk, yang jarang terjadi pada kasus sakit kepala umum.

Selain itu, sakit kepala yang disebabkan oleh varian Omicron juga berlangsung selama tiga hari, meskipun Anda meminum obat penghilang rasa sakit secara teratur.

2. Sakit di Dua Sisi Kepala

Jika Anda pernah memperhatikan, terkadang kepala kita hanya terasa sakit di satu sisi, baik kanan, kiri, atau pada daerah tengah kepala. Daerah nyeri pada sakit kepala tergantung pada pemicu dan penyebab sakit kepala Anda.

Namun ketika terkena infeksi Omicron, rasa sakit bisa dirasakan di kedua sisi kepala. Seluruh kepala Anda mungkin terasa tegang dan sakit.

3. Sakit Kepala Disertai Peradangan

Menurut para ahli, sakit kepala dalam kasus Omicron bisa menjadi reaksi peradangan tubuh saat melawan virus. Saat berkembang biak di sistem pernapasan, virus juga memengaruhi sinus sehingga menyebabkan peradangan.

Hal yang sama terjadi pada varian Omicron. Jadi, sakit kepala biasanya terjadi dengan peradangan pada sinus. Jika Anda menderita masalah infeksi sinus maka sakit kepala Anda bisa lebih buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro