Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa Itu Mata Tiroid, Gejala, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Ketika kelenjar gagal menghasilkan jumlah hormon yang cukup yang dibutuhkan oleh tubuh, hal itu menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan, salah satunya adalah mata tiroid.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 04 Maret 2022  |  20:15 WIB
Pupil mata
Pupil mata

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit tiroid adalah gangguan hormonal yang disebabkan oleh disfungsi kelenjar berbentuk kupu-kupu yang ada di pangkal leher (tiroid).

Ketika kelenjar gagal menghasilkan jumlah hormon yang cukup yang dibutuhkan oleh tubuh, hal itu menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan, salah satunya adalah mata tiroid.

Kondisi ini dapat muncul pada orang yang telah didiagnosis dengan gangguan tiroid yang parah. Kadang-kadang bahkan gejala pertama yang dibawa orang ke dokter.

Mata tiroid disebabkan ketika sistem kekebalan menyerang otot dan jaringan lain di sekitar mata. Ini mengarah pada peradangan sel-sel halus yang mengarah ke serangkaian gejala yang berhubungan dengan mata. Umumnya, itu menyebabkan bola mata menonjol keluar dari rongganya. Ada banyak nama untuk kondisi mata autoimun yang disebabkan karena kondisi tiroid. Beberapa ringan sementara yang lain cukup parah. Mereka termasuk:

Penyakit mata tiroid, kadang disingkat TED1

Oftalmopati Graves (GO)

Orbitopati terkait tiroid (TAO)

Orbitopati Grave

Gejala kondisi dapat dikelola dengan perawatan yang berbeda. Mereka dapat membantu mencegah kehilangan penglihatan, yang merupakan salah satu tanda parah dari mata tiroid. Selain penyakit tiroid, mata tiroid juga dapat terlihat bersamaan dengan penyakit Graves dan penyakit Hashimoto.

Gejala kondisi mata tiroid

Mata menonjol adalah gejala khas mata tiroid. Saat sistem kekebalan menyerang sel-sel di sekitar mata, umumnya orbit, area di tengkorak tempat bola mata Anda berada, menyebabkan peradangan. Ini mengarah pada perluasan otot, lemak, dan jaringan lain di daerah tersebut. Selain itu, seseorang mungkin mengalami tanda-tanda lain juga ketika menderita kondisi mata tiroid seperti:

Kemerahan di bagian putih mata Anda

Gangguan

Rasa sakit dan tekanan

Mata kering atau berair

Penglihatan ganda

Sensitivitas cahaya

Sakit di mata saat melihat ke arah yang berbeda

Gangguan penglihatan

Tergantung pada tingkat keparahan kondisi dan ketersediaan pengobatan, kondisi mata tiroid dapat masuk ke periode remisi. Ini mungkin bermasalah selama enam bulan atau satu tahun, hilang untuk beberapa waktu dan diperbaiki. Hanya jika tidak aktif selama satu tahun, kemungkinan kemunculannya kembali rendah. Gejalanya mungkin bertambah buruk pada perokok biasa.

Bisakah kondisi tersebut dicegah?

Mata tiroid adalah kondisi autoimun, biasanya disertai dengan gangguan terkait tiroid lainnya. Tidak ada cara Anda dapat mencegah hal itu terjadi. Tetapi beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa pengobatan radiasi dengan yodium radioaktif, pengobatan untuk tiroid yang terlalu aktif, dapat membantu. Bicaralah dengan dokter Anda tentang semua pilihan pengobatan yang tersedia.

Baca selengkapnya: Gejala virus corona: Faktor yang membuat Anda lebih rentan terhadap COVID yang berkepanjangan

Langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengelola kesehatan mata Anda

Jika Anda menderita kondisi terkait tiroid, yang terbaik adalah mengunjungi dokter mata untuk menyingkirkan kemungkinan komplikasi pada mata.

Pemeriksaan rutin sejak awal dapat membantu mencegah masalah terkait mata yang parah di kemudian hari. Berdasarkan kondisi Anda, dokter mungkin meresepkan perawatan Anda seperti pelumas tetes mata dan air mata buatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mata Gejala Penyakit tiroid
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top