Jeruk/boldsky.com
Health

Ini 5 Buah dan Sayuran yang Bisa Tingkatkan Imunitas

Aliftya Amarilisya
Senin, 7 Maret 2022 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Sistem imunitas tubuh memiliki peran yang penting dalam menjaga tubuh manusia dari gangguan penyakit. Nah, lalu bagaimana cara untuk menjag sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh ini?

Selain olahraga dan istirahat yang cukup, menjaga sistem kekebalan tubuh bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, di antaranya ialah buah dan sayur.

Namun, perlu diperhatikan pula bagaimana pengolahan buah dan sayuran tersebut. Sebagai contoh, jangan terlalu lama merebus bayam karena dapat menghilangkan nutrisi.

Peneliti di Linkoping University, Swedia, mengatakan bahwa semakin lama merebus bayam, maka makin rendah kadar lutein (sejenis vitamin yang juga dikenal sebagai carotenoid) yang tersisa. Sementara itu, jika dtumis dengan suhu tinggi, banyak kadar lutein yang berkurang dalam dua menit.

Berkaitan dengan itu, buah dan sayuran yang bermanfaat untuk imunitas.

1. Bluberi

Bluberi mengandung flavonoid yang mana memiliki sifat antioksidan guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid juga memperkecil risiko infeksi saluran pernapasan.

2. Jeruk

Kandungan vitamin c dalam jeruk dapat meningkatkan produksi sel darah putih untuk mengatasi infeksi. Dikutip dari Healthline, laki-laki dewasa membutuhkan 90 miligram vitamin c per hari, sedangkan perempuan 75 miligram.

3. Almon

Sama seperti blueberi, almon mengandung vitamin e sebagai antioksidan. Di sisi lain, vitamin e juga bermanfaat untuk menyehatkan mata, menjaga keseimbangan hormon, dan menunjang kehamilan serta perkembangan janin.

4. Pepaya

Selain vitamin c, pepaya mengandung potasium, magnesium, dan folat. Ia juga memiliki enzim pencernaan papain yang memiliki efek antiinflamasi. Sementara itu, kandungan serat, kalium, dan vitamin dalam pepaya dapat membantu mencegah penyakit jantung.

5. Bayam

Bayam mengandung antioksidan dan beta karoten. Kandungan tersebut baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi infeksi. Bayam juga cocok untuk masuk dalam menu diet, karena sayuran ini rendah kalori. Adapun cara terbaik untuk mengonsumsi bayam adalah dengan membuat smoothie atau jus sayuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro