Pusing/Boldsky.com
Health

Sering Merasa Pusing Saat Bangun dari Duduk? Cegah dengan 2 Cara Ini

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 30 Maret 2022 - 12:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Apakah Anda merasa pusing saat berdiri dari posisi duduk? Ini cukup umum dan disebabkan oleh penurunan tekanan darah karena perubahan postur yang cepat. Kondisi ini disebut IOH, yang merupakan akronim untuk hipotensi ortostatik awal.

40% orang mengalami pusing saat berdiri dan sampai saat ini belum ada pengobatan yang efektif dan cepat. Ternyata dua gerakan sederhana dapat membantu.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa dua latihan otot sederhana yang dilakukan sebelum atau segera setelah berdiri dapat mencegah timbulnya pusing, tanpa biaya dan tanpa minum obat atau suplemen. Kunci untuk mencegah rasa pusing adalah dengan mengaktifkan otot-otot tubuh bagian bawah sebelum atau segera setelah berdiri.

Ini adalah tindakan sederhana, efektif dan gratis yang dapat dilakukan orang untuk mencegah pusing IOH. Eksperimen tersebut melibatkan 22 wanita muda dengan riwayat IOH dan menguji dua latihan yaitu mengangkat lutut dalam posisi duduk selama 30 detik sebelum berdiri, dan meregangkan kaki selama 20 detik setelah berdiri.

Peneliti memantau denyut nadi dan tekanan darah peserta selama percobaan, dan melakukan jeda di antara tes. Selain itu, peserta juga diminta melaporkan sendiri apakah mengalami gejala IOH (pusing atau lemas).

Dibandingkan dengan bangun tanpa melakukan tindakan sebelumnya, kedua latihan menunjukkan bahwa mereka dapat secara signifikan mengubah penurunan tekanan darah sementara dan meringankan gejala IOH.

Peneliti Nessia Shake dari University of Calgary di Kanada, mengatakan bahwa gerakan tubuh ini sederhana. Kedua latihan itu adalah sesuatu yang dapat dilakukan orang kapan saja, di mana saja, untuk mencegah gejala muncul

Penjelasannya, IOH terjadi akibat pelebaran pembuluh darah yang terjadi saat berdiri. Apa yang sebenarnya dilakukan oleh latihan yang diuji dalam eksperimen ini adalah mencegah reaksi ini, dan menurut para peneliti, seseorang dapat melakukan kedua latihan tersebut.

Meskipun eksperimen tersebut hanya melibatkan sekelompok kecil sampel wanita, tindakan ini dapat mengubah situasi bagi banyak orang. Pusing ringan yang hilang dengan sendirinya setelah beberapa detik tidak terdengar seperti kondisi medis yang paling berbahaya di dunia, tetapi memiliki dampak harian pada kualitas hidup mereka yang menderitanya.

Dalam kasus yang parah, itu bisa lebih dari sekadar pusing ringan dan bahkan menyebabkan pingsan dan kehilangan kesadaran.

Hampir tidak ada orang yang tidak mengalami rasa pusing setelah berdiri. Ada orang yang mengalaminya berulang kali dan bisa terjadi beberapa kali sehari. Ini menakutkan dan berdampak buruk pada kualitas hidup.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro