Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mengenal Penyakit Celiac, Kondisi yang Diderita Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu

Penyakit celiac adalah suatu kondisi yang membuat tubuh Anda sulit untuk memecah gluten. Gluten adalah protein yang ditemukan dalam gandum, rye, barley dan oat. Gluten ditemukan dalam makanan seperti roti, pasta, pizza, dan sereal.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 04 April 2022  |  11:35 WIB
Mengenal Penyakit Celiac, Kondisi yang Diderita Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu
Coliac Disease
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu mengatakan dia menderita penyakit celiac. Dia mengatakan selama acara Chandigarh bahwa ia tidak bisa makan tepung gandum dan banyak hal lainnya.

Dilansir dari Hindustan Times, mulai dari gejalanya, penyebabnya, dan apakah itu dapat menyebabkan kenaikan berat badan atau penurunan berat badan pada beberapa orang, menjadi penting untuk diketahui banyak orang yang masih awam mengenai penyakit ini.

Pengertian Penyakit Celiac

Penyakit celiac adalah suatu kondisi yang membuat tubuh Anda sulit untuk memecah gluten. Gluten adalah protein yang ditemukan dalam gandum, rye, barley dan oat. Gluten ditemukan dalam makanan seperti roti, pasta, pizza, dan sereal.

Penyakit ini adalah gangguan yang dimediasi kekebalan sistemik yang terjadi pada individu dengan kecenderungan genetik sebagai respons terhadap konsumsi gluten makanan. Ini adalah kondisi yang umum tetapi sangat tidak terdiagnosis. Ini dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang yang serius jika tidak diobati

Ini dapat menyebabkan masalah pencernaan yang serius dan menjauhkan tubuh Anda dari mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Seiring berjalannya waktu, lapisan usus halus akan rusak dan akan terjadi malabsorpsi nutrisi.

Gejala Penyakit Celiac

Dr Honey Savla mengatakan bahwa pada orang dengan penyakit celiac, gluten merusak usus dan gejala berikut dapat diamati:

-         Sakit di perut

-         Diare

-         Penurunan berat badan

-         Merasa kembung, atau terlalu kenyang sepanjang waktu

-         Nafsu makan rendah

-         Gas buruk

-         Ruam kulit gatal

Hal ini dapat dikonfirmasi dengan tes darah dan biopsi duodenum, yang akan dikirim untuk histopatologi.

Cara Mengobati Penyakit Celiac

Untuk mengobati penyakit celiac, cobalah untuk mengikuti diet bebas gluten. Seorang ahli akan membantu Anda mengetahui apa yang harus Anda makan dan hapus dari diet. Ingatlah untuk menghilangkan makanan dan minuman yang mengandung gluten.

Cobalah makan buah-buahan seperti jeruk, pisang, apel, berry, sayuran silangan, termasuk kembang kol, brokoli, sayuran hijau, bayam, kangkung, kentang, jagung, paprika, jamur, bawang, wortel, kacang polong, buncis, lentil, biji-bijian bebas gluten, dan produk susu. Hindari gandum, roti putih, kecap, saus barbekyu, saus salad, bumbu perendam, kue kering, pancake, wafel, mie, bar energi, bir, puding, dan campuran makanan penutup instan.

Penurunan atau Penambahan Berat Badan

Meskipun penyakit celiac dikaitkan dengan penurunan berat badan dan kurus karena merusak lapisan usus kecil, menyebabkan malnutrisi dan malabsorpsi, gangguan tersebut juga dapat menyebabkan penambahan berat badan dalam beberapa kasus.

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Gastroenterology, 15,2% orang dewasa dengan penyakit celiac kelebihan berat badan ketika mereka didiagnosis dan 6,8% mengalami obesitas. Jumlah ini melebihi 17,3% yang kekurangan berat badan. Ini menunjukkan bahwa tidak jarang seseorang dengan penyakit celiac mengalami kelebihan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit Gejala Penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top