Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Puasa Sehat bagi Anda yang Punya Kolesterol Tinggi

Penting bagi penderita kolesterol untuk olahraga. Olahraga yang baik adalah yang ringan tapi durasinya panjang. Misal pagi hari atau menjelang buka puasa, sejam sebelum buka puasa, atau boleh setelah solat tarawih agar lemak tubuh bisa digunakan untuk energi.  
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 05 April 2022  |  10:33 WIB
Tips Puasa Sehat bagi Anda yang Punya Kolesterol Tinggi
Ilustrasi mengecek kadar kolesterol tinggi dalam darah - Freepik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bagi yang punya kolesterol tinggi, harus bijak dalam memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Puasa bukan berarti kolesterol normal, bisa jadi melonjak naik.

Menurut Rosihan Anwar SGz. MPH, RD, kolesterol adalah bagian dari lemak tubuh, berperan dalam pembuatan hormon, saraf, dan banyak lagi. Namun kolesterol yang berlebih bisa berbahaya karena menempel di dinding-dinding pembuluh darah sehingga pembuluh darah menyempit.

Penting bagi penderita kolesterol untuk olahraga. Olahraga yang baik adalah yang ringan tapi durasinya panjang. Misal pagi hari atau menjelang buka puasa, sejam sebelum buka puasa, atau boleh setelah solat tarawih agar lemak tubuh bisa digunakan untuk energi.  

Pola makan yang baik juga harus diperhatikan selama berpuasa.

Dr. Saddam Ismail melalui akun Youtube “Saddam Ismail” membagikan mengenai 5 jenis makanan yang harus dihindari bagi penderita kolesterol:

1. Makanan yang digoreng

Jika rutin makan digoreng tentu meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Meskipun makanannya sehat seperti kentang, tapi ketika digoreng maka berubah kalorinya. Kentangnya menyerap minyak dan kandungannya berubah

2. Makanan mengandung lemak trans

Lemak trans adalah salah satu lemak jahat yang meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Banyak diguanakan supaya makanan cita rasanya gurih, nikmat, dan awet. Contohnya kue-kuean, donat, keripik kentang, keripik jagung, pie, mentega, margarin, popcorn, dan biskut.

3. Daging olahan

Sosis, nugget, kornet, dan jenis daging olahan lainnya harus dikurangi. Karena sudah diolah di pabrik ditambah bahan-bahan tambahan supaya awet.

4. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji memang cocok untuk puasa karena tidak repot dan enak, tetapi dibalik itu semua harus hati-hati. Efeknya tidak hari ini, namun kedepannya untuk tubuh kita dalam jangka panjang. Biasanya tinggi kalori dan lama-lama akan tersimpan dilemak menyebabkan obesitas. Contohnya burger, pizza, dan lain-lain.

5. Makanan tinggi gula

Biasanya makanan/minuman tinggi gula menjadi sangat populer karena meningkatkan gairah buka puasa. Yamg manis menjadi pantangan karena bisa meningkatkan kalori, berta badan naik, obesitas, diabetes, dan lainnya. Bukan dari gula pasir saja tapi dari pemanis buatan,

Maka dari itu, lebih baik minum air mineral saja serta fokus pada gizi bukan dari rasanya. Perhatikan karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, vitamin dan mineral yang bisa didapatkan dari sayur dan buah-buahan. Dengan memperhatikan itu dan memperbanyak serat makan, maka akan menurunkan kolesterol sehingga kolesterol tetap terkendali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kolesterol Ramadan tips puasa bugar
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top