Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Cara Cegah Peradangan Lewat Makanan

Berikut tips cegah peradangan dengan mudah lewat makanan Anda
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 09 April 2022  |  17:22 WIB
Ilustrasi - Sakit radang sendi. - Antara
Ilustrasi - Sakit radang sendi. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Peradangan tentu saja mendapat reputasi buruk, tetapi itu tidak selalu merupakan hal yang buruk.

Jika Anda mengalami cedera seperti sayatan, tubuh Anda menggunakan sel-sel inflamasi untuk menyelamatkan dan membantu Anda sembuh. Sayangnya, peradangan kronis dapat terjadi saat tubuh Anda bertindak seolah-olah ada cedera yang harus disembuhkan meskipun sebenarnya tidak ada cedera. Jika tidak diobati, ini dapat menyebabkan hal-hal seperti penyakit jantung, radang sendi, dan diabetes.

Peradangan kronis paling sering disebabkan oleh gangguan autoimun, tetapi para peneliti juga menemukan bahwa alkoholisme berat, obesitas, dan merokok juga dapat menyebabkannya.

Meskipun menurunkan peradangan membutuhkan lebih dari satu solusi tunggal, membuat perubahan pada pola makan harian Anda dapat berdampak besar.

Berikut tips cegah peradangan dengan mudah lewat makanan Anda :

1. Tambahkan warna pada makanan Anda.

Pastikan Anda mendapatkan nutrisi penting yang cukup.

"Buah dan sayuran sarat dengan vitamin, mineral, senyawa tanaman, dan antioksidan," kata Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD penulis The Sports Nutrition Playbook dilansir dari Eat This.

 "Antioksidan membantu melawan radikal bebas (alias orang jahat) yang menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada peradangan. Semakin banyak produk yang Anda makan, semakin banyak Anda menyediakan 'bahan' yang dibutuhkan tubuh untuk melawan peradangan dan tetap sehat dan kuat. 

2. Campurkan pemanis alami ke dalam smoothie Anda.

Konsumsi gula tambahan secara konsisten dan berlebihan dari waktu ke waktu diketahui menyebabkan peradangan di dalam tubuh. Untuk membantu hal ini, Goodson menyarankan untuk menggunakan lebih banyak pemanis alami dalam rutinitas makan harian Anda.

"Buah-buahan seperti kurma Medjool, beri, dan bahkan delima 100% adalah cara yang bagus untuk mempermanis smoothie pagi atau setelah latihan Anda secara alami," kata Goodson.

Mereka tidak hanya memuaskan keinginan manis itu, tetapi mereka juga menyediakan antioksidan dan nutrisi lain yang membantu melawan peradangan. Ditambah lagi, jika Anda memadukan seluruh buah, Anda juga mendapatkan serat, yang meningkatkan kesehatan usus dan jantung yang sehat.

3. Kurangi makanan yang digoreng.

Pergeseran lain yang dapat Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghindari peradangan adalah dengan mengurangi asupan makanan yang digoreng.

"Makanan yang digoreng memberi tubuh banyak lemak jenuh, yang jika dikonsumsi secara konsisten, dapat berkontribusi pada peningkatan kolesterol total dan jahat, serta peradangan," kata Goodson.

Mengganti daging goreng dengan alternatif panggang, makanan sampingan goreng untuk cangkir buah, dan keripik untuk biskuit gandum dapat membantu mengurangi asupan lemak jenuh Anda, yang pada akhirnya membantu melawan peradangan.

4. Pilih salmon yang ditangkap secara liar 

Mengganti lemak jenuh dan lemak trans dengan sumber lemak yang lebih sehat seperti salmon dapat membantu mengurangi peradangan secara signifikan, tetapi beberapa ahli mengatakan bahwa memilih jenis yang tepat itu penting.

"Salmon adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik yang dapat membantu mengurangi peradangan," kata Maggie Michalczyk, RDN, pendiri Once Upon A Pumpkin, dan penulis buku masak.

Salmon yang dibudidayakan biasanya memiliki kontaminan yang lebih tinggi, yang dapat memperburuk peradangan, itulah sebabnya saya merekomendasikan untuk selalu mencari salmon dari Alaska untuk memastikan salmon ditangkap dari alam.

5. Masak dengan minyak zaitun dan alpukat.

Ada jenis minyak tertentu yang secara diam-diam dapat meningkatkan peradangan dari waktu ke waktu. 

"Minyak zaitun dan alpukat mengandung asam lemak omega-3 sehat yang anti-inflamasi, sementara minyak lain seperti minyak canola, minyak jagung, dan minyak kedelai dapat menyebabkan peradangan dari waktu ke waktu," kata Michalczyk.

6. Tambahkan alpukat ke roti panggang, sandwich, dan salad

Untuk mendapatkan cukup omega-3 di hari Anda, Michalczyk menyarankan untuk menambahkan beberapa alpukat ke piring Anda jika Anda bisa.

"Menambahkan alpukat ke makanan yang sudah Anda makan adalah cara mudah untuk membantu menurunkan peradangan karena alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat, anti-inflamasi," kata Michalczyk. "Ini saling menguntungkan karena mereka juga mengandung vitamin dan mineral bermanfaat lainnya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

radang paru-paru radang tenggorokan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top