Layanan mobil keliling penukaran uang baru untuk Ramadan dan Lebaran oleh Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Barat pada 21 Mei 2019 lalu. Bisnis/Noli Hendra
Relationship

Cara Pesan dan Tukar Uang Baru di Aplikasi Pintar

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 16 April 2022 - 23:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jelang lebaran. biasanya banyak orang menukarkan uang baru untuk dibagi-bagikan sebagai angpau lebaran.

Jika Anda ingin menukarkan uang baru, maka bisa melalui pemesanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling Bank Indonesia dengan memilih lokasi, tanggal, dan waktu layanan kas keliling yang tersedia pada menu PINTAR. Adapun, terdapat batas kuota layanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling Bank Indonesia.

Selain melalui kas keliling Bank Indonesia, pada periode Ramadan 2022 tanggal 4-28 April 2022 Anda juga bisa melakukan penukaran uang secara langsung di kantor bank terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Berikut tata cara pemesanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling menggunakan aplikasi PINTAR dikutip dari laman resmi Bank  Indonesia :

1. Pada halaman utama PINTAR, Anda Rupiah dapat memilih menu kas keliling.
2. Selanjutnya memilih provinsi lokasi penukaran uang Rupiah melalui kas keliling yang diinginkan.
3. Aplikasi PINTAR selanjutnya menampilkan daftar lokasi dan tanggal kas keliling yang tersedia yang dapat dipilih oleh Sobat Rupiah.
4. Anda diminta melakukan pengisian data pemesanan meliputi:
a. NIK-KTP
b. Nama
c. No telepon
d. Email
e. Mengisi jumlah lembar/keping uang Rupiah yang akan ditukarkan melalui kas keliling sesuai dengan peraturan jumlah dan jenis pecahan yang telah ditentukan Bank Indonesia.

Melakukan pemesanan untuk selanjutnya memperoleh bukti pemesanan layanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling.

Bukti pemesanan penukaran adalah dokumen yang dihasilkan oleh Aplikasi PINTAR sebagai bukti bahwa Anda telah melakukan pemesanan layanan kas Bank Indonesia melalui PINTAR.

Bukti pemesanan penukaran memuat informasi mengenai kode pemesanan, nama penukar, lokasi penukaran, jadwal penukaran, dan jumlah uang Rupiah yang akan ditukarkan. Bukti pemesanan penukaran dapat langsung diunduh setelah Anda selesai melakukan pemesanan, serta akan dikirimkan oleh aplikasi PINTAR ke alamat email yang telah dimasukan pada saat melakukan pemesanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro