Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perubahan pada Mata Usia di Bawah 45 Tahun? Hati-hati Kolesterol

Kolesterol tinggi adalah ketika Anda memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah Anda. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan peredaran darah seperti serangan jantung dan stroke.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 19 April 2022  |  10:00 WIB
Tanda kolesterol pada kulit -
Tanda kolesterol pada kulit -

Bisnis.com, JAKARTA—Kolesterol tinggi adalah prekursor untuk hasil kesehatan yang jauh lebih serius. Pakar kesehatan menekankan pentingnya melakukan tes darah secara teratur untuk menentukan di mana letak kolesterol Anda. Perubahan pada mata Anda bisa berarti Anda berisiko mengalami peningkatan kolesterol.

Kolesterol tinggi adalah ketika Anda memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah Anda. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan peredaran darah seperti serangan jantung dan stroke.

Kondisi ini seringkali tanpa gejala yang berarti tidak ada tanda-tanda yang jelas yang berkaitan dengan risiko Anda sampai terlambat. Perubahan aneh yang terlihat di mata Anda, bagaimanapun, bisa menjadi indikator yang kuat terutama jika di bawah usia 45 tahun.

Pada beberapa orang, busur kebiruan atau abu-abu atau putih menjadi terlihat di atas dan di bawah bagian luar kornea yang bisa menjadi gejala peringatan dini kolesterol tinggi. Itu terletak di penutup mata yang jernih dan seperti kubah di depan mata. Ini adalah kondisi yang disebut "Arcus senilis".

Kondisi ini lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Melihat cincin biru ini tidak harus selalu menjadi perhatian karena juga dianggap sebagai tanda penuaan yang normal. Namun, bila terjadi pada orang yang lebih muda (di bawah 45 tahun) hal itu disebabkan oleh hiperlipidemia dan sebagian besar terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Arcus kornea hanya muncul pada 45 persen dari total 500 pasien yang diskrining di atas usia 40 tahun. Namun, itu hadir di lebih dari 70 persen kasus di atas 60 tahun.

Jika Anda berusia di bawah 40 tahun dan menderita arcus senilis, Anda harus menjalani tes darah untuk memeriksa kadar kolesterol dan lipid Anda. Anda mungkin berada pada risiko yang lebih tinggi untuk kolesterol tinggi dan penyakit arteri koroner.

Dokter Anda dapat mengobati kolesterol tinggi dengan beberapa cara. Anda bisa memulainya dengan mencoba perubahan gaya hidup, seperti lebih banyak berolahraga dan mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol.

Arcus senilis disebabkan oleh timbunan lemak (lipid) di bagian luar kornea Anda. Kadang-kadang dokter akan menggunakan mikroskop slit-lamp juga. Arcus senilis tidak memiliki gejala. Arcus senilis juga tidak menyebabkan gangguan penglihatan, sehingga tidak diperlukan pengobatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kolesterol umur mata
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top