Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Mudah Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak

Bicaralah dengan anak-anak menggunakan frasa sederhana. Frasa seperti "Aku mencintaimu" atau instruksi seperti "tolong datang ke sini" akan membantu mereka terbiasa mendengar orang berbicara dalam bahasa Inggris.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 April 2022  |  12:00 WIB
Cara Mudah Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak
Kursus bahasa inggris

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada anak Anda? Jika jawaban Anda ya, Anda bisa mencoba tips sederhana ini.

Dikutip dari laman resmi I Can Read, ada beberapa  cara untuk mengajarkan anak Anda bahasa Inggris yang cukup mudah.

Pertama, bawa bahasa Inggris ke rumah Anda dengan membaca buku bahasa Inggris untuk anak-anak dan mendengarkan lagu-lagu bahasa Inggris. Kemudian, pantau pekerjaan anak-anak dan lihat apa yang mereka lakukan dengan kemampuan bahasa Inggris mereka.

Kedua, bantu mereka memperluas kosa kata mereka dengan menempelkan label tempel tentang suatu benda dalam bahasa Inggris di sekitar rumah dan uji anak-anak Anda tentang kata-kata baru dengan santai atau dengan cara yang menyenangkan.

Ketiga, bicaralah dengan anak-anak menggunakan frasa sederhana. Frasa seperti "Aku mencintaimu" atau instruksi seperti "tolong datang ke sini" akan membantu mereka terbiasa mendengar orang berbicara dalam bahasa Inggris.

Keempat, ambil kelas untuk diri Anda sendiri jika bahasa Inggris Anda perlu ditingkatkan. Tunjukkan pada mereka betapa pentingnya untuk terus belajar bahasa Inggris. Anak-anak mungkin berpikir bahwa jika Anda tidak belajar maka tidak adil jika mereka harus belajar. Ini adalah kesempatan untuk memberi contoh kepada mereka.

Terakhir, buat belajar bahasa Inggris menjadi menyenangkan! Terkadang, anak-anak merasa bosan dengan pelajaran bahasa Inggris sehingga akan lebih baik jika kita bisa membuatnya menyenangkan dan tetap menarik bagi mereka. Jika mereka merasa bosan, jangan paksa mereka. Beristirahatlah dan kembali ke aktivitas mereka setelah mereka siap.

Dengan kegiatan-kegiatan ini yang dapat Anda lakukan bersama mereka, selalu ingat untuk menunjukkan minat pada pekerjaan mereka dan menghargai setiap kemajuan baik yang mereka buat. Selain itu, tidak perlu memberi banyak tekanan kepada anak-anak. Biarkan mereka membuat kesalahan saat mereka mencoba belajar bahasa Inggris. Mengkritik kesalahan mereka hanya akan membuat mereka merasa takut untuk terus belajar bahasa Inggris. Fokus pada pencapaian mereka dan dorong mereka untuk melakukan yang terbaik!

Heru Attan, Country Director ICR mengatakan selama lebih dari 20 tahun, I CAN READ telah meluluskan lebih dari 400.000 siswa berprestasi dari 14 negara dan lebih dari 50 centre di Indonesia.

Dia mengatakan saat ini mereka memiliki program khusus siswa SMP dan SMA yang dinamakan HIGHER ENGLISH COURSE atau HEC dengan bekerja sama  dengan Cambridge University Press dan Cambridge Assessment English

"Higher English merupakan salah satu jawaban terhadap keinginan para orang tua dan guru sekolah dalam mempersiapkan siswa SMP dan SMA agar mampu berprestasi di sekolah, bersaing secara global dengan memiliki keterampilan bahasa Inggris yang baik dan terarah," ujar 

Adanya penerapan berbagai jenis latihan, tentu membuat setiap materi pembelajaran menjadi lebih mudah dipahami, meningkatkan produktivitas keterampilan reading, writing, speaking, dan listening, serta mengasah kepercayaan diri siswa, dan tentunya hasil pembelajaran tersebut divalidasi secara internasional melalui ujian Cambridge Assessment English.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bahasa inggris Kursus Online
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top