Ilustrasi mengantuk
Health

Ini Penyebab Seseorang Kerap Ngantuk Saat Berpuasa

Astrid Prihatini Wisnu Dewi
Jumat, 22 April 2022 - 12:35
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Siang hari umumnya adalah waktu di mana kita aktif bekerja. Persoalannya, saat tengah berpuasa, sering kali muncul rasa ngantuk yang tak tertahankan. Nah, lalu kira-kira apa penyebab ya?

Dikutip dari Halodoc, Jumat (22/4/2022), hal tersebut juga bisa disebabkan oleh turunnya kadar gula darah di dalam tubuh.

Kondisi tersebut lantas membuat tubuh menjadi lebih lemas dan otak pun yang sulit berkonsentrasi, sehingga seseorang jadi lebih rentan merasakan kantuk.

Di samping itu, faktor kurangnya waktu tidur dan pola tidur yang tidak teratur juga memengaruhi.

Lalu, apabila kekurangan waktu tidur dan penurunan kadar gula darah ini terkombinasi, maka tak heran jika rasa kantuk yang muncul pun jadi tidak tertahankan.

Nah, lalu bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut? Pertama, pastikan tidur malam Anda berkualitas.

Kedua, saat Anda merasa mengantuk, cobalah untuk pergi ke toilet dan basuh muka dengan air dingin. Cara ini terbukti ampuh untuk mengurangi rasa kantuk saat bekerja.

Selain itu, mencuci wajah dengan air dingin juga bisa membuat Anda menjadi lebih rileks dan segar, sehingga konsentrasi untuk bekerja kembali prima.

Ketiga, lakukan peregangan. Pada dasarnya, seseorang akan lebih mudah untuk merasakan kantuk jika ia hanya duduk diam untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, saat rasa kantuk mulai terasa, ada baiknya untuk melakukan peregangan sederhana untuk menggerakkan otot-otot dan menghindari kekakuan.

Lebih jauh, Anda pun dapat berjalan di sekitar kantor selama beberapa menit untuk melancarkan aliran darah dan meningkatkan asupan oksigen ke otak agar rasa kantuk hilang.

-----

Berita ini telah tayang di Solopos.com dengan judul "Kenapa Sering Ngantuk Saat Puasa? Ini Penjelasannya"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : JIBI/Solopos.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro