Tanda-tanda kolesterol tinggi dari kuku tangan. Kenali gejalanya./Express
Health

Ini Tanda Kolesterol Tinggi Dilihat dari Kuku

Novita Sari Simamora
Senin, 2 Mei 2022 - 15:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gejala kolesterol bisa terlihat dari kuku tangan. Bagi Anda yang sedang merayakan Hari Raya Idulfitri atau Lebaran, sangat penting untuk mengontrol konsumsi daging.

Meski tidak semua kolesterol berbahaya, jenis yang dijuluki 'buruk' ini bisa membahayakan kesehatan Anda. Itulah mengapa penting untuk menjaga level Anda tetap terkendali. Meskipun sulit untuk mengidentifikasi kolesterol karena tidak terkait dengan banyak gejala, ada satu tanda yang mungkin bisa membantu.

Monika Wassermann, Direktur Medis di Olio Lusso mengatakan bahwa Kolesterol tinggi atau LDL jahat tidak memiliki gejala khusus, sehingga gejala tersebut bisa dideteksi dengan melakukan tes darah.

Namun, Wassermann membocorkan rahasia, bahwa ada tanda yang bisa terlihat di tubuh, bila kolestrol sudah sangat tinggi. Tanda bahwa kolesterol sudah tinggi, bisa dilihat dari kuku Anda.

“Tingkat kolesterol tinggi menyebabkan penyumbatan arteri Anda. Ini masalahnya; kolesterol ekstra disimpan di arteri Anda, membentuk plak. Plak akan membuat arteri menyempit,” seperti dikutip dari Express, Senin (2/5/2022).

Dia mengungkapkan bahwa arteri yang sempit atau tersumbat, akan membatasi aliran darah ke berbagai bagian tubuh Anda, termasuk kuku. Ini bisa membuat garis-garis gelap di kuku Anda.

"Garis-garis gelap di bawah kuku Anda adalah salah satu cara untuk menemukan tanda  kolesterol," tambah Wassermann.

Tanda ini kadang-kadang juga disebut sebagai perdarahan sempalan. Medline Plus menggambarkannya sebagai garis tipis, merah hingga coklat kemerahan di bawah kuku Anda. Garis-garis ini juga biasanya berjalan ke arah pertumbuhan kuku.

Kendati begitu, daripada menduga-duga, maka pakar kesehatan sangat menyarankan Anda untuk melakukan tes darah.

Meskipun tanda ini mungkin menunjukkan kolesterol tinggi, cara terbaik untuk mengetahui kadarnya adalah dengan melakukan tes darah. Anda dapat mengambil darah dari lengan Anda atau tes tusukan jari.

Jika kondisi Anda dikonfirmasi, dokter Anda akan memilih tindakan terbaik untuk mengendalikan kolesterol Anda kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro