Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Memeriksa Kadar Vitamin C di Tubuh Anda

Ada tes darah sederhana (alias asam askorbat serum) untuk menganalisis kadar vitamin C Anda. Prosesnya mudah dan mirip dengan tes darah lainnya: Anda mengambil darah dan itu dikirim ke laboratorium untuk dianalisis.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 Mei 2022  |  14:43 WIB
Vitamin C
Vitamin C

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin C adalah mikronutrien esensial yang diperlukan untuk berbagai proses vital dalam tubuh Anda, termasuk fungsi sistem kekebalan, aktivitas antioksidan, dan bahkan kesehatan kognitif dan kardiovaskular.

Namun, meskipun demikian, banyak orang memiliki asupan dan sirkulasi yang tidak mencukupi ( yaitu, darah) kadar vitamin C.

Ini memang agak rumit untuk diuraikan. Menurut kumpulan data penelitian perwakilan nasional dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES), sekitar 6% orang dewasa Amerika terus terang dianggap kekurangan vitamin C, alias asam askorbat, sementara 42% kekalahan memiliki tingkat kekurangan vitamin C. (yaitu, dari insufisiensi marginal hingga defisiensi penuh). Angka-angka umum ini mencerminkan individu dengan status vitamin C rendah dalam tubuh berdasarkan kadar serum darah mereka.

"Namun, kekurangan tidak jarang terjadi," kata Alexander Michels, Ph.D., koordinator penelitian klinis di Institut Linus Pauling di Oregon State University. "Diperkirakan sekitar 46% orang dewasa tidak cukup mengonsumsi vitamin C dari makanan saja." tambahnya.

Michels menjelaskan bahwa statistik ini juga tidak memberikan gambaran yang utuh. "Studi seperti NHANES mengevaluasi orang berdasarkan tingkat asupan untuk mencegah kekurangan—bukan yang dianggap 'optimal'," katanya.

Michels menunjukkan bahwa Linus Pauling Institute merekomendasikan orang untuk mengonsumsi setidaknya 400 miligram vitamin C sehari. Namun ternyata, "hampir tidak ada orang—kurang dari 90% populasi AS mendapatkannya hanya dari makanan saja," catatnya. .

Di sinilah lebih banyak variasi nutrisi dalam diet seseorang dan suplementasi vitamin C yang ditargetkan masuk. Namun, tentu saja, ada baiknya untuk memiliki pemahaman tentang kadar vitamin C dan apa artinya sebelum melakukan tes darah dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Jika Anda tidak yakin dengan status vitamin C Anda dan ingin mempelajarinya lebih lanjut, ada beberapa tes yang dapat Anda jalani. Inilah yang perlu Anda ketahui.

Tes apa yang tersedia untuk kadar vitamin C?

Jika Anda tertarik untuk menguji kadar vitamin C Anda, inilah saatnya untuk meminta bantuan profesional perawatan kesehatan. "Diskusikan dengan dokter Anda kekhawatiran Anda dan biarkan mereka memberi tahu Anda jika menurut mereka tes darah untuk asam askorbat diindikasikan," saran Keri Gans, RDN, ahli diet dan penulis The Small Change Diet.

Ketahuilah bahwa Anda mungkin mendapat sedikit penolakan atau keraguan dari praktisi Anda. "Pengujian vitamin C jarang terjadi dan biasanya dilakukan dengan sangat buruk," jelas Michels. Dalam sikap yang lebih reaktif (bukan pendekatan penilaian gizi proaktif), "saat ini, dokter hanya menguji vitamin C ketika mereka menduga Anda mungkin mengalami kekurangan," ia berbagi.

Namun seperti yang dijelaskan oleh ahli gizi holistik Ella Davar, R.D., CDN, ada tes darah sederhana (alias asam askorbat serum) untuk menganalisis kadar vitamin C Anda. Prosesnya mudah dan mirip dengan tes darah lainnya: Anda mengambil darah dan itu dikirim ke laboratorium untuk dianalisis.

Memang, "ada tes darah vitamin C yang tersedia dari semua fasilitas pengujian utama," jelas Michels. Namun, ia menambahkan, itu cukup lengkap untuk menentukan apakah Anda memiliki kekurangan vitamin C—dan kurang membantu untuk menangkap kekurangan secara sensitif.

Davar mengatakan bahwa tes darah favoritnya (dan lebih khusus) yang dapat memeriksa kadar vitamin C Anda adalah Panel Uji Mikronutrien SpectraCell. Panel ini mengukur kadar 31 vitamin (termasuk vitamin C), mineral, asam amino dan lemak, antioksidan, dan metabolit Anda, beserta pengaruhnya terhadap fungsi seluler Anda, jelasnya. "Tes ini juga mengukur kadar glutathione dan vitamin C, yang saya gunakan untuk mempersonalisasi rekomendasi diet untuk klien saya," kata Davar.

Jika Anda menjalani tes darah vitamin C, Michels merekomendasikan untuk memastikan bahwa Anda tidak mengonsumsi suplemen vitamin C setidaknya satu hari sebelumnya untuk mendapatkan gambaran akurat tentang status vitamin C Anda. "Anda harus membatasi asupan buah atau sayuran pada malam sebelum tes—dan itu harus dilakukan saat puasa," katanya.

Seperti apa hasil tes vitamin C yang sehat?

Menurut Gans, kadar asam askorbat serum yang "normal" secara klinis adalah antara 0,88 mg/dL dan 1,2 mg/dL. Mendapat tempat yang manis, Michels mengatakan tingkat yang ideal adalah sekitar 1 mg/dL.

"Jika di atas 2 mg/dL, Anda mungkin memiliki beberapa asupan vitamin C baru-baru ini yang masih ada dalam aliran darah Anda, dan itu tidak memberikan gambaran yang sangat baik tentang status Anda," jelasnya. "Jika di bawah 0,2 mg/dL, Anda dianggap kekurangan dan perlu segera dilakukan tindakan."

Hasil tes darah antara 0,2 dan 0,8 mg/dL dianggap berisiko kekurangan vitamin C. Insufisiensi atau "hipovitaminosis C" adalah dua istilah lain yang digunakan untuk menggambarkan area abu-abu dari insufisiensi yang ingin Anda hindari (selain benar-benar kekurangan!).

Bahkan di dunia modern kita dengan jeruk nipis dan semuanya, kekurangan vitamin C adalah masalah yang jauh lebih besar daripada yang disadari kebanyakan orang Amerika. Suplemen vitamin C berkualitas tinggi seperti potensi vitamin C mbg+ yang memprioritaskan penyerapan, bioefikasi, dan dosis adalah cara yang bagus untuk memastikan Anda mendapatkan semua C yang Anda butuhkan (ditambah bioflavonoid jeruk) setiap hari.

Sekali lagi, jika Anda khawatir tentang status vitamin C Anda, bermitralah dengan penyedia layanan kesehatan yang memprioritaskan nutrisi. Mereka seharusnya dapat membantu memandu Anda pada langkah selanjutnya sehingga Anda dapat mempertahankan kadar vitamin C yang sehat sebelum Anda menyadarinya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vitamin c vitamin
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top