Ilustrasi seorang anak dirawat akibat hepatitis akut misterius/WHO
Health

Simak Perbedaan Penyakit Hepatitis A, B, C, D dan E

Aliftya Amarilisya
Senin, 9 Mei 2022 - 16:43
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Kasus hepatitis misterius yang pertama kali ditemukan di Inggris 5 April 2022 dan telah ditetapkan WHO sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) pada 15 April 2022 lalu makin membuat resah.

Ia menyerang anak usia 0-16 tahun, di mana beberapa di antaranya sampai harus membutuhkan transplantasi hati agar bisa sembuh.

Persoalannya, belum diketahui penyebab pasti penyakit ini. Namun dipastikan, penyebabnya bukan virus hepatitis A, B, C, D dan E. Akan tetapi, diduga berasal dari Adenovirus 41, SARS CoV-2, dan virus ABV.

Sebelumnya, hepatitis sendiri terbagi dalam 5 jenis utama, yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E. Umumnya, ia disebabkan oleh infeksi virus, autoimun, infeksi cacing hati, dan konsumsi alkohol.

Dilansir dari laman who.int, Senin (9/5/2022), berikut perbedaan utama antara hepatitis A, B, C, D, dan E.

1. Hepatitis A

Virus hepatitis A (HAV) terdapat dalam tinja orang yang terinfeksi. Ia paling sering ditularkan melalui konsumsi air maupun makanan dan perilaku seks tertentu.

Meski memang banyak pasien sembuh dari hepatitis A dan kemudian kebal pada virus ini, hepatitis A bisa mengakibatkan kondisi serius pada orang lansia, orang dengan riwayat sistem imun lemah, ODHA, dan orang yang memiliki penyakit hati.

2. Hepatitis B

Virus hepatitis B (HBV) ditularkan melalui cairan tubuh, seperti darah infektif dan air mani. Ia bisa pula ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya saat proses melahirkan.

3. Hepatitis C

Virus hepatitis C (HCV) umumnya ditularkan melalui paparan darah infektif. Hal ini dapat terjadi melalui transfusi darah, suntikan yang terkontaminasi selama prosedur medis, dan melalui penggunaan narkoba suntikan.

Sayangnya, belum ada vaksin untuk hepatitis C. Adapun peningkatan risiko hepatitis C terjadi pada lansia, seseorang dengan kelamin laki-laki, alkoholik, dan pasien yang konsumsi obat imunosupresif.

4. Hepatitis D

Infeksi virus hepatitis D (HDV) hanya terjadi pada seeorang yang terinfeksi HBV. Infeksi ganda HDV dan HBV bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius dan buruk. Untuk itu, lakukan vaksin hepatitis B guna melindungi tubuh dari infeksi HDV.

5. Hepatitis E

Umumnya, virus hepatitis E (HEV) ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. Untungnya, saat ini sudah tersedia pengembangan vaksin HEV yang aman dan efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro