Tanda kolesterol tinggi dari kuku kaki Anda/Women and Health
Health

Silent Killer! Kenali 2 Tanda Kolesterol Tinggi pada Tubuh

Anshary Madya Sukma
Senin, 9 Mei 2022 - 17:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tubuh membutuhkan kolesterol baik untuk membangun sel-sel yang sehat. Namun, apabila dalam tubuh terdapat kolesterol tinggi maka itu akan sangat berbahaya untuk kesehatan.

Kolesterol tinggi dalam tubuh dapat mengembangkan timbunan lemak pada pembuluh darah. Dampaknya, endapan tersebut bisa pecah secara tiba-tiba dan menyebabkan serangan jantung hingga stroke.

Walaupun tidak semua kolesterol buruk bagi tubuh, tetapi Anda harus tetap menjaga kadar kolesterol agar tetap seimbang. Penyebab Kolesterol tinggi biasanya terjadi pada seseorang yang memiliki gaya hidup tidak sehat, seperti merokok, jarang beraktivitas, dan mengalami obesitas.

Nah, simak tanda-tanda Anda memiliki kolesterol tinggi agar bisa diatasi sedini mungkin seperti yang dilansir dari Times Of India pada Senin (9/5/2022).

2 Tanda Kolesterol Tinggi pada Tubuh Anda

1. Mati Rasa dari Pergelangan Kaki Sampai Bawah

Salah satu tanda kolesterol tinggi bisa jadi adalah perasaan mati rasa dari pergelangan kaki sampai bawah telapak kaki Anda. Kondisi ini menandakan bahwa pembentukan plak (lapisan lengket) telah berkembang di arteri dan pembuluh darah lainnya. Gangguan aliran darah dapat mencegah darah yang kaya oksigen mencapai lengan dan kaki, yang menyebabkan rasa sakit dan sensasi kesemutan.

Tanda dan gejala lain dari penyakit kolesterol tinggi terletak pada tungkai kaki seperti kram, luka yang tidak kunjung sembuh, dan kaki yang selalu dingin.

2. Kuku Terlihat Pucat

Plak yang disimpan di arteri Anda akan membuat arteri menyempit, dengan endapan besar menghalangi arteri sepenuhnya. Ketika kolesterol ekstra menyempit atau menyumbat arteri Anda, itu membatasi aliran darah ke berbagai bagian tubuh Anda, termasuk kuku Anda.

Hal ini bisa membuat kuku Anda akan memiliki garis-garis gelap dibawahnya, seperti garis tipis merah hingga coklat kemerahan di bawah kuku Anda, sesuai MedlinePlus. Garis-garis ini biasanya berjalan ke arah pertumbuhan kuku.

Kedua kondisi medis tersebut harus diperhatikan ketika mulai terlihat dan yang menjadi masalah utama kolesterol tinggi ini adalah saat pembentukan plak yang membuat Arteri tersumbat ke jantung, hal ini dapat menyebabkan serangan jantung.

Lalu, jika Arteri yang tersumbat ke otak Anda maka dapat menyebabkan stroke. Kedua penyakit tersebut bisa menyebabkan kematian dan biasanya banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki kolesterol tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro