Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Cara Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Boros

Pake data bukanlah barang yang murah untuk dibeli. Terlebih lagi, untuk yang tidak memiliki akses Wi-Fi. Itulah kenapa banyak orang yang berusaha untuk menghemat pemakaiannya seminim mungkin.
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 12 Mei 2022  |  19:43 WIB
internet
internet

Bisnis.com, JAKARTA – Saat ini kebutuhan paket data internet sudah menjadi penggeluaran bulanan yang wajib, terlebih lagi ketika kita sedang melakukan WFH atau kerja dari rumah, yang sudah pasti harus menggunakan koneksi internet yang terus berjalan.

Pake data bukanlah barang yang murah untuk dibeli. Terlebih lagi, untuk yang tidak memiliki akses Wi-Fi. Itulah kenapa banyak orang yang berusaha untuk menghemat pemakaiannya seminim mungkin.

Kuota tersebut akan habis seiring pemakaian pengguna dalam mengakses internet. Saat kuota habis, pengguna tak akan lagi bisa mengakses internet dan harus mengisi ulang paket datanya.

Kejadian kehabisan kuota sering terjadi, terlebih lagi jika di ponsel Anda terdapat banyak aplikasi yang membutuhkan internet untuk diakses, seperti WhatsApp, Instagram, TikTok, YouTube, dan lainnya.

Lalu bagaimana cara agar hemat dalam menggunakan data internet? Berikut tips yang bisa Anda lakukan

1. Batasi Penggunaan Data

Paket data internet yang cepat habis biasanya karena penggunaan data yang tidak terkontrol. Oleh karena itu, atur penggunaan paket data internet Anda dengan membatasinya.

Sebenarnya setiap ponsel android memiliki fitur tersendiri untuk membatasi penggunaan data. Fitur ini nantinya akan mengingatkan Anda jika Anda menggunakan terlalu banyak data atau melebihi batas minimum.

Nantinya, ketika Anda menggunakan terlalu banyak data, ponsel akan secara otomatis mengirimkan peringatan jika batas penggunaan data terlampaui. Dan jika batas data telah terlampaui, koneksi Anda akan terputus secara otomatis.

2. Gunakan Wi-fi Untuk Pembaruan

Cara menghemat kuota internet selanjutnya adalah dengan mengupdate aplikasi melalui Wi-Fi. Jarang diketahui bahwa sebenarnya ponsel selalu memiliki sistem untuk memperbarui perangkat bahkan secara otomatis. Biasanya sebulan sekali atau seminggu sekali akan muncul peringatan untuk update aplikasi.

Nah, biasanya update ini memakan banyak paket data internet. Namun jika tidak diperbarui, kinerja ponsel tidak akan berjalan maksimal. Caranya sangat mudah: cari jaringan Wi-Fi (di taman, restoran, kafe, kampus, atau bahkan di internet gratis telkom) dan perbarui pembaruan Anda dari sana. Ini akan menghemat banyak kuota data yang Anda miliki.

3. Batasi Penggunaan Latar Belakang.

Tak sedikit dari pengguna ponsel yang sadar bahwa beberapa aplikasi bisa menyedot kuota internet. Misalnya, Anda mungkin tidak tahu bahwa terkadang aplikasi Google Foto akan menyinkronkan foto secara otomatis, yang akan ditampilkan di latar belakang ponsel Anda.

Tahukah kamu bahwa penggunaan data background juga bisa menjadi salah satu hal yang membuat kita boros paket data internet? Terkadang kita bahkan tidak menyadari hal ini.

Salah satu cara untuk menghemat kuota adalah dengan mematikan penggunaan data di background pada menu setting.

Penggunaan data backround menjadi salah satu faktor yang menyedot kuota internet atau paket data yang berlebihan tanpa Anda sadari. Ini karena Anda sebenarnya belum menutup aplikasi yang baru saja Anda buka.

4. Matikan Data Jika Tidak Digunakan

Beberapa aplikasi tetap berjalan meskipun tidak digunakan. Terutama aplikasi yang notifikasinya aktif. Dan biasanya, aplikasi yang berjalan di belakang layar adalah aplikasi yang memakan data seluler.

Oleh karena itu, meskipun Anda meletakkan ponsel dan tidak memainkannya, data seluler terus berjalan dan berkurang. Untuk menyiasatinya, matikan data seluler saat ponsel tidak digunakan. Misalnya saat tidur atau saat Anda sedang melakukan aktivitas lainnya.

5. Hindari Unduhan Otomatis

Dalam aplikasi perpesanan, Anda mungkin sering mendapatkan postingan media, baik berupa video maupun gambar. Nah, Anda bisa mengubah pengaturan download media otomatis menjadi tanpa media. Dengan pengaturan ini, kuota Anda tidak akan digunakan dengan sia-sia untuk mengunduh media secara otomatis.

Anda dapat memilih media mana yang akan diunduh. Selain menghemat kuota, pengaturan ini juga bisa menghemat penggunaan memori lho.

6. Nonaktifkan Sinkronisasi

Beberapa aplikasi dapat disinkronkan secara otomatis. Dan melakukan sinkronisasi ini berarti Anda akan kehilangan lebih banyak data. Untuk menyiasatinya, Anda hanya perlu mematikan sinkronisasi otomatis.

Mudah. Anda hanya perlu pergi ke pengaturan dan pilih opsi akun. Dari sana akan ada daftar aplikasi yang sinkron secara otomatis. Anda hanya perlu menonaktifkan beberapa aplikasi yang ingin Anda matikan sinkronisasinya.

Menggunakan kuota tanpa pengelolaan yang tepat akan membuat Anda kehabisan kuota. Data internet juga menjadi hal yang membuat kita kecanduan ponsel. Jadi, untuk mengurangi kecanduan, Anda perlu mengurangi penggunaan data dengan cara-cara di atas.

7. Batasi Streaming Video

Kebosanan di tempat kerja atau waktu libur seringkali membuat kita menghabiskan waktu untuk menonton video di YouTube dan platform lainnya. Layanan streaming kini sudah sangat melimpah, sehingga Anda disuguhkan banyak pilihan yang cukup menggiurkan.

Sayangnya dengan menggunakan aplikasi ini kuota internet anda akan cepat habis. Tips, coba unduh konten favorit Anda menggunakan Wi-Fi dan simpan di penyimpanan di smartphone terlebih dahulu. Jika memori internal tidak mencukupi, gunakan microSD.

Itulah beberapa tips menghemat kuota internet di Android. Semoga bermanfaat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet kuota
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top