Vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech/BBC
Health

Sah! AS Izinkan Vaksin Covid Pfizer untuk Booster Anak Usia 5 hingga 11 Tahun

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 18 Mei 2022 - 11:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Food and Drug Administration AS mengizinkan suntikan ketiga vaksin Covid Pfizer untuk anak-anak usia 5 hingga 11 tahun.

Pemberian booster dilakukan setidaknya lima bulan setelah seri primer dua dosis mereka.

Melansir CNBC, Dr Peter Marks, kepala divisi FDA yang bertanggung jawab untuk vaksin, mengatakan data semakin menunjukkan bahwa perlindungan yang diberikan oleh dua suntikan berkurang dari waktu ke waktu. FDA menetapkan bahwa suntikan ketiga dapat membantu meningkatkan perlindungan untuk anak-anak dalam kelompok usia ini.

FDA memutuskan untuk mengizinkan suntikan ketiga setelah menganalisis data dari uji coba Pfizer yang sedang berlangsung, di mana 67 anak dalam kelompok usia ini memiliki tingkat antibodi yang lebih tinggi satu bulan setelah menerima dosis booster.

Regulator obat itu tidak mengidentifikasi masalah keamanan baru dan menemukan anak-anak mengalami efek samping ringan yang sama seperti yang dilakukan orang lain setelah menerima booster. Efek samping tersebut termasuk pembengkakan di tempat suntikan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot atau sendi, kedinginan dan demam.

FDA tidak mengadakan rapat komite untuk membahas data sebelum mengizinkan dosis booster. Beberapa anggota komite frustrasi karena regulator obat telah berulang kali bergerak maju dengan keputusan tentang dosis booster tanpa mengadakan diskusi publik terbuka.

Hanya sekitar 28% anak-anak usia 5 hingga 11 tahun yang menerima dua dosis seri utama mereka pada April, menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Komisaris FDA Dr. Robert Califf, dalam sebuah pernyataan Selasa, mendorong orang tua untuk memvaksinasi anak-anak mereka untuk melindungi mereka dari virus. Califf mengatakan meskipun Covid cenderung tidak terlalu parah pada anak-anak, lebih banyak anak yang sakit dan dirawat di rumah sakit karena virus tersebut sejak varian omicron menjadi dominan di AS selama musim dingin.

Infeksi Covid meningkat lagi di AS karena subvarian omicron yang lebih menular menyebar ke seluruh negara. A.S. melaporkan lebih dari 90.000 infeksi baru rata-rata per hari pada hari Minggu, meningkat 30% dari minggu sebelumnya, menurut data CDC. Penerimaan rumah sakit baru orang dengan Covid juga meningkat 8% selama seminggu terakhir, menurut CDC.

Hampir setiap kelompok usia di A.S. sekarang dapat menerima setidaknya tiga dosis vaksin dengan pengecualian anak-anak di bawah usia 5 tahun, yang belum memenuhi syarat untuk seri vaksinasi primer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro